Ternyata 3 Hal Ini Yang Mempengaruhi Kelezatan Sate Maranggi Khas Purwakarta

Ternyata 3 Hal Ini Yang Mempengaruhi Kelezatan Sate Maranggi Khas Purwakarta

Sate Maranggi khas Purwakarta-piknikdong.com---

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sate maranggi khas Purwakarta sudah sangat dikenal dengan cita rasa yang lezat dan setiap tusukan daging yang empuk dari sate ini membuat makan jadi berselera.

Tak hanya kalangan biasa, bahkan petinggi dunia pun sudah merasakan lezatnya sate maranggi. Popularitas sate maranggi bahkan semakin mendunia ketika sate ini menjadi sajian yang dinikmati oleh Presiden Jokowi dalam sebuah pertemuan dengan para CEO di Korea Selatan pada tahun 2016 lalu.

Berbeda dengan jenis sate lainnya, ternyata ada 3 hal lain yang menjadi ciri khas sate maranggi sebagai berikut:

1.Cara memasak

Sate maranggi terasa begitu nikmat karena bumbunya terasa meresap ke dalam daging, sehingga sate tetap terasa nikmat walaupun disantap tanpa bumbu tambahan. 

Hal ini bisa didapat karena daging untuk sate maranggi direndam dulu dalam bumbu sebelum dibakar. Proses perendaman bisa berlangsung selama 30 menit hingga 1 jam. 

Selama sate dibakar, bumbu juga terus dioleskan kembali ke atas daging. Itulah sebabnya bumbu bakar Sate Maranggi sangat meresap ke dalam daging sate.

2.Bumbu Bakar Sate

Proses marinasi daging Sate Maranggi tentu akan sia-sia kalau bumbu bakar sate kurang lezat. Maka itu, sate maranggi dibumbui dengan berbagai rempah yang tak hanya menambah cita rasa, tapi juga aroma sate. 

Bumbu bakar sate ini terdiri dari jahe, kunyit, ketumbar, lengkuas, cuka lahang, dan Bango Kecap Manis yang dihaluskan. Bawang merah, bawang putih, dan gula merah juga bisa ditambahkan sebagai bumbu bakar Sate Maranggi. 

Bahan yang paling unik adalah bunga kecombrang dan tepung ketan yang membuat sate maranggi terasa semakin mantap. Aroma daging kambing yang kuat pun jadi berkurang setelah dibumbui dengan bumbu bakar Sate Maranggi ini.

BACA JUGA:Cara Praktis Memilih dan Merawat Tanaman Hias di Perkarangan Terbatas, Nomor 1 Dipercayai Datangkan Rejeki Loh

+++++

3.Bumbu Acar

Selain bumbu bakar sate, bumbu yang disajikan bersama sate maranggi juga menjadi ciri khasnya. Kebanyakan jenis sate biasanya disajikan dengan bumbu kacang. 

Namun demikian, Sate Maranggi bisa dinikmati tanpa bumbu kacang tambahan, karena rasa bumbu bakarnya yang begitu meresap. Itulah sebabnya Sate Maranggi disajikan bersama bumbu yang disebut bumbu acar sate maranggi. 

Bumbu ini terbuat dari irisan tomat, cabe rawit, bawang merah, kecap serta daun kemangi. Irisan tomat memberikan rasa segar pada Sate Maranggi, sedangkan cabe rawit tentu disukai oleh Anda yang menggemari rasa pedas. 

Lalu, daun kemangi yang harum berpadu dengan aroma sate maranggi dijamin akan menggoda selera para pecinta kuliner.



 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait