Punya Darah Tinggi? Hindari Mandi Air Dingin

Punya Darah Tinggi? Hindari Mandi Air Dingin

Shower, Image oleh tookapic dari Pixabay----

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Bagi mereka yang memiliki darah tinggi maka sangat tidak di anjurkan untuk mandi dengan air dingin.

Tidak hanya dapat memicu serangan jantung, mandi dengan air bersuhu rendah, juga dapat memicu terjadinya stroke.

Namun bagaimana dengan air hangat? Amankah mandi air dingin jika punya darah tinggi?

Jawabnya menurut ahli, adalah kebalikan dari ketika orang mandi dengan air yang terlalu dingin.

Menurut sebuah studi, mandi air hangat sangatlah menguntungkan, dalam hal ini untuk menurunkan tensi pada darah. 

 

Hal ini ada hubungannya dengan efek relaksasi, yang dihasilkan dari kontak air hangat dengan tubuh manusia.

Kesimpulan ahli ini sendiri melibatkan data 61 ribu orang dewasa di Jepang ini, terkait dengan kebiasaan mereka mandi di pemandian air panas atau onsen.

Menurut kardiolog dari Yale Hospital, Dr Erich Brand, hal ini ada kaitannya dengan fungsi hemodinamis dari tubuh manusia sendiri. 
Ketika hal itu terjadi, jantung akan memompa darah jauh lebih efisien, dari pusat tubuh ke seluruh bagi bagian yang ada, dari kepala hingga ujung kaki.

 

Dilakukan secara rutin, efeknya terhadap penurunan tekanan darah, diakui para ahli, terlihat signifikan terhadap salah satunya kesehatan kardiovaskuler

Menurut temuan yang dirilis pada jurnal Heart itu, via VOI, ditemukan bahwa mereka yang rutin mandi air hangat, dilaporkan tidak punya masalah dengan fungsi jantung, meski sudah menginjak usia 70an tahun.

BACA JUGA:Pentingnya Sarapan! 4 Manfaat Sarapan Bagi Tubuh

 +++++

BENEFIT MANDI AIR DINGIN

Pada mereka yang tidak punya masalah dengan penyakit dalam, mandi air dingin dapat menawarkan benefitnya tersendiri. 

 

Menurut sebuah studi, kebiasaan yang satu ini dapat membatu orang untuk meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh alami mereka.

Menurut sebuah studi di Inggris, dengan rutin mandi menggunakan air dingin, dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang mana bagus untuk memerangi beberapa jenis penyakit. 

Sementara itu menurut sebuah studi Jerman, yang tidak terkait dengan studi Inggris tersebut, mereka yang sudah terbiasa berenang dalam kondisi yang dingin (dalam hal ini musim dingin di Eropa), memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, dalam melawan stress oksidatif.

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: