Rambut Memutih di Usia Muda? 5 Makanan yang Diklaim Cegah Pertumbuhan Uban

Rambut Memutih di Usia Muda? 5 Makanan yang Diklaim Cegah Pertumbuhan Uban

Tips cegah rambut beruban sejak muda--Pixabay/TheHilaryClark--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Munculnya uban pada rambut biasanya dikaitkan dengan faktor penuan.

Kendati siapa sangka ternyata gaya hidup yang tak sehat ternyata bisa juga mempercepat munculnya uban di usia muda lho.

Namun anda jangan khawatir, sejumlah makanan ternyata bisa mencegah munculnya uban lho. Dikutip dari PMJ News berikut 5 makanan yang direkomendasikan:

1. Ikan Salmon
BACA JUGA:AKBP Pujiyarto Tidak Ajukan Banding atas Keputusan Sidang KKEP, ini Kata Kadiv Humas Polri

+++++
Tak ada salahnya sesekali memasukkan ikan salmon dalam menu makan siang. Mengutip Byrdie, perubahan kadar hormon bisa memicu kemunculan uban secara dini.

Salmon mengandung selenium yang berfungsi membantu kadar produksi hormon, yang pada akhirnya bisa mencegah datangnya uban. Di samping itu, salmon juga mengandung vitamin D yang berkaitan dengan pigmentasi rambut.

2. Makanan Fermentasi

Selain menjaga kesehatan saluran pencernaan, probiotik juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, acar, dan miso.

Ahli diet Kelly Jones mengatakan, usus sehat penting untuk mendukung rambut sehat. Bakteri usus memproduksi vitamin B dan biotin yang berguna buat rambut. Kekurangan biotin bisa mengakibatkan perubahan warna dan kekuatan rambut.
BACA JUGA:Harga Pertalite Bisa Turun, Asalkan Hal ini Terjadi

+++++
3. Hati Sapi

Konsumsi hati sapi akan memberikan asupan vitamin B-12 berlimpah. Sekitar 100 gram hati sapi mengandung 95,48 mikrogram vitamin B-12. Kekurangan vitamin B-12 berhubungan dengan anemia dan berasosiasi dengan kemunculan uban.

Asupan vitamin B-12 untuk orang dewasa sehari sekitar 2,4 mikrogram. Namun, semakin bertambahnya usia, tubuh semakin sulit menyerap vitamin B-12 sehingga perlu asupan makanan pengganti.

Mengutip Eat This Not That, selain mengandung vitamin B-12, hati sapi juga memiliki kandungan tembaga yang bisa membantu mencegah kemunculan uban terlalu dini.

4. Telur

Biasanya bagian kuning dihindari saat mengonsumsi telur karena dianggap bisa meningkatkan kolesterol. Padahal, telur secara utuh perlu dikonsumsi untuk menjaga rambut tetap sehat.
BACA JUGA:Lokasi SIM Keliling Hari ini Khusus Jakarta dan Sekitarnya

+++++
Jones mengatakan, telur secara keseluruhan mengandung vitamin B-12, jenis vitamin yang tidak dimiliki tumbuhan. "Studi pada 2016 menunjukkan mereka yang mengalami penuaan prematur sangat mungkin mengalami status rendah kadar vitamin B-12," kata Jones.

5. Dark Chocolate
Cokelat hitam alias dark chocolate merupakan sumber zat besi dan tembaga yang baik. Keduanya jadi nutrisi untuk mencegah uban dan penuaan.

Seiring bertambah usia, kadar melanin makin rendah. Jaga kadar tembaga Anda untuk memerangi proses penuaan dini dengan mengonsumsi cokelat hitam.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: