Yuk, Kenal Lebih Dekat Doclang, Kudapan Legendaris Bercita Rasa Tinggi dari Kota Bogor, Harganya juga Ekonomis Banget

Yuk, Kenal Lebih Dekat Doclang, Kudapan Legendaris Bercita Rasa Tinggi dari Kota Bogor, Harganya juga Ekonomis Banget


Doclang merupakan makanan legendaris khas kota Bogor, cita rasa unik dan harganya cuma Rp 12 ribu per porsi||

TRENDINGNEWS.ID - Di tengah PPKM darurat ini, rasanya tidak ada salahnya kalau kita membahas makanan khas tiap daerah. 

Pasalnya setiap daerah punya ciri tersendiri, bahkan keunikan masing-masing dalam mengolah makanan. 

Yah, mari kita berdoa bersama, semoga pandemi segera berakhir, bisa hidup normal lagi, jalan-jalan hunting kuliner di wilayah Indonesia.

Nah, sebagai tambahan wawasan, mari kita ngomongin salah satu makanan khas kota Bogor, Jawa Barat yang diberi nama Doclang.

BACA JUGA:Ruhut Sitompul Sebut Elektabilitas Partai Demolkrat Semakin Merosot: Ya Karena Saya Tinggal dan Dipilihnya AHY Jadi Ketum

Biasanya, makanan legendari ini di jual di beberapa tempat, salah satunya dekat Jembatan Merah yang memang merupakan sentra pedagang panganan. 

Maklum kalau kita bahas kuliner dari kota Hujan ini, seakan tidak ada habisnya. Mulai dari makanan ringan, hingga makanan berat seperti Doclang itu.

Doclang merupakan makanan kuno yang masih eksis hingga saat ini, berbahan dasar lontong atau pesor dalam bahasa Sunda Doclang memiliki banyak peminatnya. Doclang merupakan makanan tradisional khas Bogor, Jawa Barat.

Komposisi utama doclang adalah lontong atau pesor. Biasanya Doclang terdiri dari lontong yang dibungkus dengan daun patat, dengan berbagai pelengkapnya seperti telur rebus, tahu goreng, kentang, kerupuk dan disirami sambal kacang.

BACA JUGA:Mengalami Sakit Tenggorokan, Ahok dan Keluarga Sempat Terpapar Covid-19, Begini Ceritanya

Makanan khas Bogor ini hampir mirip dengan gado-gado, hanya saja cita rasa dari sambal kacang Doclang cukup unik karena dipadukan dengan kecap cap Zebra yang merupakan kecap asli buatan Bogor, sehingga rasa manis dalam Doclang cukup dominan.

Selain itu, yang menjadikan makanan khas Bogor ini terbilang unik adalah lontong atau pesor dimasak dengan menggunakan daun patat.

Daun Patat sering dijumpai di Bogor dan biasa digunakan oleh masyarakat Bogor sebagai pembungkus makanan, sebab teksturnya yang halus dan elastis sehingga lebih mudah untuk dijadikan pembungkus makanan, daun patat ini juga memiliki aroma khas.

Harga yang ditawarkan rata-rata untuk satu porsi Doclang ini sebesar Rp 12.000 lengkap dengan telur dan tahu goreng. Doclang kaya akan karbohidrat dan protein sehingga makanan ini sangat pas untuk dinikmati saat pagi maupun sore hari.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: