Ini 5 Penyebab Susah Tidur, Berikut Cara Ampuh Mengatasinya

Ini 5 Penyebab Susah Tidur, Berikut Cara Ampuh Mengatasinya

ilustrasi Tidur -Pixabay--

JAKARTA POSTINGNEWS.ID - Kualitas tidur seseorang terkadang kurang baik sehingga berpengaruh kepada aktivitas sehari-hari.

Salah satu yang jadi perhatian adalah kerap mengalami insomnia atau susah tidur malam hari.

Ternyata penyebab kualitas tidur kurang baik bisa jadi karena gaya hidup tidak sehat, sedang stres, cemas, atau mengalami penyakit kronis, maka bisa saja ia jadi sulit tidur atau kualitas tidurnya menurun.

Jika terjadi secara terus menerus, ini akan membuat tubuh menjadi tidak berenergi, sulit konsentrasi, sistem kekebalan tubuh menurun, hingga terganggunya fungsi otak.
Namun anda jangan khawatir, ada sejumlah tips yang bisa membuat kualitas tidur anda menjadi membaik.
Dilansir dari alodokter, berikut sejumlah tipsnya yang harus diketahui.

BACA JUGA:Simak! 5 Obat Alami Sembuhkan Batuk, Ternyata Mudah Didapat

+++++

1. Buat rutinitas sebelum tidur

Jika kamu sering main ponsel sebelum waktu tidur, coba deh kurangi kebiasaan tersebut. Soalnya, cahaya biru yang dipancarkan layar gadget dapat mengurangi kadar hormon melatonin dalam tubuh. Alhasil, tubuh akan tetap terjaga dan menjadi susah tidur.

2. Ciptakan kamar tidur yang nyaman

Suasana tidur yang nyaman akan membuatmu tidur lebih nyenyak. Kamu bisa matikan lampu atau batasi penerangan dengan lampu tidur saja ketika tidur. Hindari tidur dengan suhu ruangan yang terlalu panas atau dingin. Bila perlu, gunakan penyumbat telinga kalau lingkungan kamarmu terlalu bising.

3. Buat pola tidur yang teratur

Agar kualitas tidur meningkat, hentikan memulai kegiatan yang bisa membuatmu begadang hingga larut malam. Sebisa mungkin, kamu pergi tidur dan bangun tidur di waktu yang sama serta cukupi waktu tidur yang ideal. Kebiasaan ini akan melatih otak untuk membentuk ritme tidur yang konsisten.

BACA JUGA:Tak Perlu ke Salon, ini cara Alami Angkat Kulit Mati pada Tubuh

+++++

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: