Nias Selatan Diguncang Gempa dengan Kekuatan Magnitudo 4,9

Nias Selatan Diguncang Gempa dengan Kekuatan Magnitudo 4,9

Gempa/ilustrasi--


Gempa/ilustrasi||

POSTINGNEWS.ID - Guncangan gempa terjadi di kawasan Nias Selatan pada Jumat 22 Juli 2022 dini hari pukul 04,41 WIB.

Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,9.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono melaporkan, episenter gempa terletak pada koordinat 0,19° LU - 98,32° BT tepatnya di laut dengan kedalaman 20 km.

Ia juga mengtakan Gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. 

BACA JUGA:Segudang Manfaat dari Air Tajin, Diantaranya Mencegah Sembelit atau Konstipasi

Dimana Lempeng Indo-Australia menunjam ke bawah Lempeng Eurasia Tepatnya di zona Megathrust Batu yang memiliki magnitudo tertarget mencapai 7,8.

Daryono memaparkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme sumber kombinasi pergerakan geser dan naik (oblique thrust fault).

Gempa tersebut berdampak dan dirasakan di Nias Selatan khususnya di Kepulauan Batu pada skala intensitas mencapai III-IV MMI dimana guncangan yang dirasakan oleh banyak orang sangat kuat hingga banyak orang berlari di luar rumah.

+++++

Hingga pukul 05.10 WIB, hasil pemantauan BMKG menunjukkan telah terjadi 4 aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar 3,6.

Dijelaskan, Kepulauan Batu merupakan daerah rawan gempa dan tsunami, BMKG mencatat gempa dahsyat sudah beberapa kali terjadi pada masa lalu seperti pada 16 Februari 1861 (Magnitufo 8,4) yang memicu gelombang tsunami yang menyebabkan lebih dari seribu orang meninggal.

Selanjutnya di wilayah ini juga pernah terjadi gempa kuat pada 4 Januari 1907 (Mag. 7,8) menyebabkan timbulnya korban jiwa sebanyak 400 orang meninggal.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: