Presiden Joko Widodo Siap Damaikan Konflik Rusia dan Ukraina? Begini Katanya

Presiden Joko Widodo Siap Damaikan Konflik Rusia dan Ukraina? Begini Katanya

Presiden Jokowi putuskan membeli minyak mentah dari Rusia-Istimewa-setpres


Presiden Jokowi Menyakan Siap Untuk Menjadi Jembatan Perdamaian antara Rusia dan Ukraina|Kremlin

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin di Istana Kremlin. Jokowi mengatakan dirinya siap jadi jembatan komunikasi antara Putin dan Zelensky.

"Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow," kata Jokowi sesuai keterangan tertulis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Meski situasi saat ini masih sangat sulit, Jokowi mengatakan penyelesaian damai sangat penting untuk terus dikedepankan. Jokowi menyatakan siap untuk menjembatani komunikasi Putin dan Zelensky.

BACA JUGA:Anak Indigo Ungkap 7 Lokasi Titik Gempa Terbesar yang Bakal Mengguncang Indonesia: Dengan Berat Hati...

BACA JUGA:5 Provinsi Bakal Diuji Coba Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina, Mana Saja?

"Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut," ucap Jokowi.

Beberapa hari sebelumnya, Jokowi bertemu Zelensky di Kyiv. Jokowi juga menawarkan diri sebagai penyampai pesan. Misi Jokowi sebagai pembawa pesan Zelensky dituntaskan di Moskow.

+++++

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Sebelumnya saat bertemu Zelensky di Kyiv, Jokowi telah menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Rakyat dan pemerintah Indonesia dengan kemampuan yang ada berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

BACA JUGA:Polisi Ungkap Kelanjutan Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi yang Diunggah Roy Suryo di Twitter, Ini Konfirmasi Terbarunya

BACA JUGA:JIS Resmi Jadi Markas Persija Jakarta Musim 2022-2023, Tapi...

Di kesempatan yang sama, Jokowi menyampaikan undangan secara langsung kepada Presiden Zelensky untuk berpartisipasi dalam KTT G20 di Bali pada November mendatang. Selain itu, Jokowi menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus menjalin kerja sama dengan Ukraina.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber