Benarkah Ribuan Warga Gabung NII? Ken Setiawan: Di Sumbar Makin Besar Karena Tidak Dianggap Bahaya

Benarkah Ribuan Warga Gabung NII? Ken Setiawan: Di Sumbar Makin Besar Karena Tidak Dianggap Bahaya

Ken Setiawan-Dok. Ken Setiawan-


Ken Setiawan|Dok. Ken Setiawan|

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kelompok teroris Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatra Barat (Sumbar) memiliki anggota mencapai ribuan orang. Hal itu diketahui setelah Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap belasan teroris NII di Sumbar.

"Bahwa struktur NII berada pada tingkatan cabang atau kecamatan istilah NII tersebut adalah CV. Dengan anggota mencapai 1.125 anggota," ujar Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 12 April 2022. 

Ramadhan menyebut dari ribuan anggota, sebanyak 400 orang berstatus belum aktif dan sudah berbaiat. Namun, sewaktu-waktu anggota tersebut dapat diaktifkan.

BACA JUGA:Timnas U-23 Pulang ke Tanah Air, Iriawan: Mau Lebaran dulu di Kampung

"Dari jumlah total di Sumbar, 833 orang tersebar di Kabupaten Dharmasraya dan 292 berada di Kabupaten Tanah Datar," jelas dia. 

Selain itu, kelompok NII di Sumbar tidak mengenal usia dalam merekrut anggotanya. Ditemukan 77 orang berusia di bawah 13 tahun.

Pendiri NII Crisis Center Ken Setiawan mengatakan selama ini kelompok NII belum dianggap bahaya, bahkan dianggap sudah tidak ada, hal ini justru yang membuat NII semakin besar.

BACA JUGA:Anggota DPR Nonton Film Porno? Roy Suryo: Sudah Jelas HM Bukan Harun Masiku atau Hulyono Mukidi Ya

Orang yang bergabung di di kelompok radikalisme NII memang tidak semua menjadi teroris, tapi hampir semua teroris itu ideologinya adalah NII. 

Ideologi NII itu ibarat pohon adalah akarnya, teroris itu buahnya, jadi selama akarnya yaitu NII tidak dicabut atau dilarang, maka terorisme di Indonesia pun tidak akan pernah berakhir. Tutup Ken.

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: