Meski Banyak Desakan, Indonesia Tetap Undang Putin pada KTT G-20 Bali

Meski Banyak Desakan, Indonesia Tetap Undang Putin pada KTT G-20 Bali

Rusia mengancam bakal memperluas target serangan jika AS terus memasok senjata ke Ukraina--AFP


Indonesia tetap mengundang Putin ke acara KTT G-20 di Bali pada akhir tahun ini.||AFP

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Indonesia tengah dalam tekanan negera-negara Barat dan Amerika Serikat, menyusul diundangnya Presiden Rusia Vladimir Putin ke acara KTT G-20 di Bali.

Seperti diberitakan, Indonesia disindir sejumlah negara barat karena mengundang Rusia yang banyak disanksi atas operasi militer di Ukraina.

Kendati begitu, Indonesia sudah dapat dipastikan tetap mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke KTT G20 di Bali akhir 2022.

BACA JUGA:Dibanding ke MU, Declan Rice Lebih Tertarik Gabung Chelsea

Dubes RI dan Perwakilan Tetap untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York (AS), Dian Triansyah mengatakan, bahwa undangan pada anggota G20 sudah dikirim pada 22 Februari 2022, termasuk mengundang Rusia.

+++++

“Kita sudah mengirim tanggal 22 Februari lalu,” kata Dian Jumat 25 Maret 2022.

Menurut Dian, alasan Indonesia tetap mengundang Rusia ke KTT G20 karena sudah aturannya negara anggota G20 harus diundang.

BACA JUGA:Isu Reshuffle Kembali Bergulir, Tolong Menteri Fokus Kerja

“Oleh karena itu, kewajiban Presidensi G20 untuk mengundang semua anggotanya,” ujarnya.

Penegasan ini juga disepakati Satgas G20 RI yakni Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, Kementerian Perekonomian, maupun Kemlu RI.

"Kami menggarisbawahi pentingnya semua untuk fokus di G20 dalam menangani pemulihan global paska pandemi yang menjadi perhatian dunia hari ini," tuturnya.

Rencana Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri KTT G20 di Bali, Indonesia, sebelumnya dikemukakan Duta Besar (Dubes) Rusia di Jakarta, Lyudmila Vorobyova, pada Rabu 23 Maret 2022.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: