Volodymyr Zelensky Klaim 12 Ribu Tentara Rusia Tewas, Ratusan Tank dan Puluhan Helikopter Hancur

Volodymyr Zelensky Klaim 12 Ribu Tentara Rusia Tewas, Ratusan Tank dan Puluhan Helikopter Hancur

Rusia gagal kuasai penuh wilayah Rusia Gagal Kuasai Penuh Wilayah Severodonetsk, Donbas Ukraina-Istimewa-@vzelensky


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim, sebanyak 12 ribu tentara Rusia tewas selama invasi ke negeranya||Instagram @vzelensky

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim, sebanyak 12 ribu tentara Rusia tewas selama invasi ke negeranya tersebut.

Bahkan kata dia, Rusia telah kehilangan lebih dari 360 tank, 1.205 kendaraan lapis baja, 80 helikopter, dan nyaris 60 armada pesawat.

"Kerugian pasukan Rusia sangat besar. Sejak awal invasi, 31 batalion kelompok taktis musuh telah kehilangan kemampuan tempur mereka," kata Zelensky dalam keterangannya, Minggu 1 Maret 2022.

Berdasarkan data Ukraina, Rusia telah mengerahkan lebih dari 90 batalion di wilayah Ukraina sejak invasi militer pertama kali pada 24 Februari lalu. 

BACA JUGA:Label Halal Indonesia yang Baru Disebut Mirip Wayang, Begini Penjelasan Kemenag...

"Sekitar sepertiga dari jumlah tersebut diklaim telah dihancurkan atau dinonaktifkan oleh Angkatan Darat Ukraina," ujarnya.

Zelensky mengatakan, Rusia disebut sedang mencoba untuk menarik 'penjaga perdamaian' dari Caucasus, wilayah yang sementara diduduki di Donetsk dan Luhansk. 

"Langkah itu diduga untuk membuat batalion tambahan yang akan diisi 15.000 tentara Rusia demi mengubah situasi perang," ucapnya.

Berbeda dari pernyataan Zelensky, Rusia pada 2 Maret lalu mengungkapkan bahwa mereka telah kehilangan 498 tentara selama invasi. 

BACA JUGA:Tragis! Kecelakaan Kereta di Kongo Tewaskan Puluhan Penumpang

BACA JUGA:Erling Haaland Dikabarkan Sepakat Gabung Man City, Barcelona Merana

Angka itu berbeda jauh dari yang disampaikan Zelensky baru-baru ini.

Zelensky sebelumnya juga mengungkapkan, sekitar 1.300 tentara telah tewas sejak invasi. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: