Sandiaga Uno Dorong UMKM di Kota Khatulistiwa, Kuliner Pontianak Siap Naik Kelas

Sandiaga Uno Dorong UMKM di Kota Khatulistiwa, Kuliner Pontianak Siap Naik Kelas

Menparekraf Dorong Produk Kuliner Kota Pontianak Untuk Naik Kelas-dok.kemenparekraf-


Menparekraf Dorong Produk Kuliner Kota Pontianak Untuk Naik Kelas|dok.kemenparekraf|

PONTIANAK, POSTINGNEWS.ID – Dalam kunjungan kerjanya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pelaku kuliner di Kota Pontianak untuk naik kelas dengan memperkuat produknya dari sisi kreativitas, inovasi, kolaborasi, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

“UMKM harus naik kelas, ini merupakan salah satu bagian upaya kita bersama Presiden Jokowi dalam membangun transisi menuju ekonomi baru, dengan melibatkan serta memberdayakan masyarakat” kata Menparekraf Sandiaga Uno,Kamis (10/3/2022) di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat.

BACA JUGA:Pesan Presiden untuk Bambang dan Dhony Jangan Dianggap Normatif, Jokowi: Soal Jakarta Kita Perbaiki, Kapolri Ungkap Kerawanan IKN

BACA JUGA:Bruno Lega Golnya Bawa Persib Bayangi Bali United, Teco: Waspadai Gaya Persiraja, Sergio Alexandre Disorot

Pada acara Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kota Pontianak, Menparekraf Sandiaga Uno berkesempatan untuk meracik sendiri minuman lidah buaya yang menjadi salah satu kuliner khas Kota Pontianak bersama Walikota Pontianak dan Rektor Universitas Tanjungpura.

“Saya sudah mencicipi banyak kuliner dari Pontianak, salah satu yang menjadi favorit untuk saya adalah Es Lidah Buaya” ungkap Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan apresiasi atas upaya-upaya yang telah dihadirkan Pemerintah Kota Pontianak bersama Universitas Tanjungpura yang telah membina UMKM pelaku ekonomi kreatif sebagai bagian dari kebangkitan ekonomi.

Pariwisata ke depan dikatakannya harus bersanding dengan ekonomi kreatif karena produk-produk ekonomi kreatif yang akan menciptakan lapangan kerja.

+++++


Menparekraf Dorong Produk Kuliner Kota Pontianak Untuk Naik Kelas|dok.kemenparekraf|

"Ini adalah tugas kita untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Pemerintah harus hadir dengan program-program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Saya harapkan institusi pendidikan juga mengambil peran karena UMKM ini harus naik kelas," jelas Sandiaga.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kedatangan Menparekraf Sandiaga yang memberikan semangat bagi warga kota Pontianak, khususnya pelaku UMKM untuk terus bangkit.

BACA JUGA:Tembakan Taisei Marukawa Bawa Persebaya Benamkan Persik Kediri, Laga Persipura Jayapura Vs PSM Makassar Imbang

BACA JUGA:Hasil German Open 2022: Lima Wakil Lolos 16 Besar, Satu Pemain Angkat Koper

"Kita akan kolaborasikan untuk meningkatkan selain kualitas produk, juga kemasan dan pemasaran. Mudah-mudahan ini menjadi satu kebangkitan ekonomi kita setelah era pandemi COVID-19," ujar Edi Rusdi Kamtono.

Selain kuliner, Menparekraf Sandiaga Uno melihat fesyen sebagai salah satu subsektor yang potensial. Ia menyebut nilai ekspor ekonomi kreatif Indonesia pada tahun lalu memecahkan rekor yakni mencapai 21 miliar dolar AS dan didominasi oleh produk fesyen.

"Kita akan usulkan kegiatan event untuk mendukung fesyen dengan mengkurasi produk UMKM dan diharapkan dapat memacu motivasi para pelaku fesyen yang ada di Pontianak. Kebetulan nanti akan ada acara event bernama Titik (Pesona) Kulminasi" terang Sandiaga.

Kulminasi sendiri diartikan sebagai fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Saat fenomena menakjubkan ini terjadi di sekitar kawasan Tugu Khatulistiwa Pontianak, tatkala matahari berada tepat di garis khatulistiwa maka posisi matahari juga berada tepat di atas kepala sehingga bayangan benda yang ada di sana tidak tampak karena berada persis di bawahnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: