Dirut KAI Tinjau Pelaksanaan Layanan Kartu Disabilitas di Stasiun Manggarai

Dirut KAI Tinjau Pelaksanaan Layanan Kartu Disabilitas di Stasiun Manggarai

Dokumentasi Berita--vritimes.com

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, meninjau kondisi layanan penumpang Commuter Line di Stasiun Manggarai serta pelaksanaan layanan disabilitas di Stasiun Juanda pada Senin, 17 Februari 2025.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan menciptakan lingkungan transportasi yang inklusif bagi seluruh pengguna, termasuk penyandang disabilitas.

Dalam kunjungannya, Didiek Hartantyo meninjau secara langsung implementasi Kartu Disabilitas, inovasi terbaru dari KAI Commuter yang berfungsi sebagai identitas penyandang disabilitas sekaligus sebagai Kartu Multi Trip (KMT) untuk pembayaran tiket Commuter Line.

“KAI, melalui KAI Commuter, menyadari adanya peningkatan signifikan dalam jumlah penumpang disabilitas yang memanfaatkan layanan Commuter Line dan mereka harus terlayani dengan baik. Kartu Disabilitas ini adalah salah satu wujud nyata dari upaya kami untuk menciptakan ekosistem transportasi yang lebih inklusif,” ujar Didiek.

BACA JUGA:Link Nonton Drama Korea The Auditors: Mengungkap Jaring Laba-Laba Korupsi Perusahaan

Peningkatan Aksesibilitas untuk Pengguna Disabilitas dari KAI

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyampaikan bahwa peluncuran Kartu Disabilitas merupakan respons atas berbagai masukan dari komunitas penyandang disabilitas yang aktif menggunakan Commuter Line. “Kebutuhan pengguna disabilitas yang beragam bisa terfasilitasi dengan adanya Kartu Disabilitas ini agar lebih menjadi prioritas, dan tak luput dari pantauan sesama penumpang serta petugas,” jelas Anne.

Anne juga menambahkan bahwa peningkatan layanan ini sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 Pasal 18 tentang penyandang disabilitas serta Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditetapkan dalam peraturan pemerintah. "Kami berharap agar Commuter Line lebih aksesibel bagi semua kalangan, termasuk penumpang disabilitas, sehingga mereka dapat bepergian dengan lebih nyaman dan leluasa," tambahnya.

Kartu Disabilitas dapat diperoleh dengan mendaftar secara online, dengan proses pengambilan kartu yang bisa dilakukan di beberapa stasiun yang telah ditentukan.

BACA JUGA:KAI Perkuat Sinergi Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui Penandatanganan MoU dengan Mitra Strategis Kemenekraf/Bekraf

Layanan Tambahan untuk Penumpang Disabilitas

Sejak akhir tahun 2019, KAI Commuter juga telah menyediakan layanan bantuan khusus bagi penyandang disabilitas melalui nomor kontak yang dapat dihubungi sebelum keberangkatan. Dengan layanan ini, pengguna disabilitas dapat meminta bantuan petugas stasiun untuk mendukung mobilitas mereka saat menggunakan Commuter Line.

Pada tahun 2024, tercatat sebanyak 883 pengguna disabilitas telah memanfaatkan layanan ini, meningkat 19% dibandingkan tahun 2023, yang mencatat 741 pengguna.

"Kami turut mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line untuk saling peduli dan memberikan tempat duduk kepada pengguna yang membutuhkan, seperti penyandang disabilitas, ibu hamil, lansia, dan penumpang prioritas lainnya," imbau Anne.

KAI terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh pengguna jasa kereta api.

Temukan konten postingnews.id menarik lainnya di Google News

Source
Tag
Share
Berita Lainnya