Seru dan Edukatif! Prodi Jurnalistik UIN Jakarta Laksanakan Kelas Sekolah Kebangsaan Tular Nalar Mafindo

Seru dan Edukatif! Prodi Jurnalistik UIN Jakarta Laksanakan Kelas Sekolah Kebangsaan Tular Nalar Mafindo

Seru dan Edukatif! Prodi Jurnalistik UIN Jakarta Laksanakan Kelas Sekolah Kebangsaan Tular Nalar Mafindo--Istimewa

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Program Studi Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar program "Sekolah Kebangsaan: Pengindraan Hoaks untuk Pemilu".

Kampus sebagai salah satu ujung tombak agen perubahan, memiliki peran penting dalam persoalan kebangsaan.

Oleh sebab itu, peran mahasiswa maupun dosen, dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menyampaikan informasi yang akurat dan menangkal narasi yang mengandung elemen Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA) saat pemilihan umum (pemilu) sedang berlangsung.

BACA JUGA:Kisah Pasangan Pengantin Berawal dari Praktik, 8 Tahun Kemudian Menjadi Kenyataan

BACA JUGA:Jangan Lewatkan! Ada Diskon Khusus Servis Sepeda Motor Honda untuk Anggota TNI di AHASS Jakarta-Tangerang

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Jurnalistik UIN Jakarta sebanyak 110 peserta yang diadakan selama dua hari. Mahasiswa turut antusias dalam mengikuti kegiatan Sekolah Kebangsaan Tular Nalar. Dengan sepuluh fasilitator yang terdiri dari tiga dosen dan empat mahasiswa terlatih, Sekolah Kebangsaan Tular Nalar bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada peserta melalui pengalaman belajar yang terstruktur dan menyenangkan.

Acara ini membagi peserta ke dalam tujuh kelompok, masing-masing beranggotakan tujuh pemilih pemula untuk Pilkada 2024. Tujuannya adalah untuk membekali mereka dengan pengetahuan tentang pemilu, demokrasi, pengenalan hoaks, serta pemahaman dampak dari penyebaran informasi yang salah.

Setiap kelompok akan dibimbing oleh seorang fasilitator yang akan menyampaikan materi secara terstruktur dan menarik mengenai keempat segmen utama. Setelah materi utama disampaikan, peserta akan mengikuti uji pemahaman dengan kuesioner sebelum dan sesudah sesi, untuk mengukur sejauh mana mereka memahami materi setelah mendapatkan informasi dari para fasilitator.

Wakil Dekan III FDIKOM, Muhtadi, mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak penyelenggara kegiatan dalam sambutannya saat membuka acara. Muhtadi juga berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa mengedukasi mahasiswa agar tidak terpapar hoaks saat pemilu berlangsung.


Seru dan Edukatif! Prodi Jurnalistik UIN Jakarta Laksanakan Kelas Sekolah Kebangsaan Tular Nalar Mafindo--Istimewa

BACA JUGA:Promo Superindo Weekday Rabu 9 Oktober 2024: Ada Susu UHT Ultra Milk Beli 2 Lebih Hemat

BACA JUGA:4 Fitur Canggih Samsung Neo QLED 8K TV yang Dikagumi Rossa, Makin Asyik Nonton di Rumah!

“Semoga kegiatan ini bisa membantu mahasiswa berpikir kritis dan mengantisipasi hoaks yang akan menerpa kita selama berlangsungnya pemilu bulan depan,” ujarnya.

Bintan Humeira, Kepala Program Studi Jurnalistik FDIKOM, menambahkan harapan pada kegiatan ini bisa bermanfaat untuk mahasiswa maupun masyarakat umum.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: