Jangan Panik! Ini 3 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Tenggelam di Air Dalam

Jangan Panik! Ini 3 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Tenggelam di Air Dalam

Tips ketika tenggelam saat berenang-freepik-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Keselamatan di air adalah hal yang sangat penting, terutama saat menghadapi situasi darurat seperti tenggelam.

Mengetahui apa yang harus dilakukan saat tenggelam dapat menyelamatkan nyawa.

Berikut ini adalah tiga tips penting yang harus diingat dan dilakukan jika kamu atau seseorang di sekitarmu mengalami situasi tenggelam.


Manfaat berenang untuk anak-zinkevych-Freepik

1. Tetap Tenang dan Cobalah untuk Mengapung

Pertama dan paling penting, cobalah untuk tetap tenang. Panik hanya akan membuat situasi menjadi lebih buruk karena tubuh akan menghabiskan lebih banyak energi dan oksigen. 

Ketika panik, kamu cenderung membuat gerakan yang tidak teratur dan tidak efisien yang dapat mempercepat tenggelam. Alih-alih panik, cobalah untuk mengapung dengan posisi telentang. 

Rentangkan tangan dan kaki untuk meningkatkan daya apung. Dengan posisi ini, kamu bisa tetap berada di permukaan air dan bernafas dengan lebih mudah sambil mencari bantuan atau mencoba berenang ke tempat yang lebih aman.

BACA JUGA:Oki Setiana Dewi Pernah Trauma Saat Pergi Haji, Ternyata Ini Penyebabnya

Menjaga ketenangan adalah kunci dalam situasi darurat apa pun, termasuk saat tenggelam. Fokuskan pikiranmu pada langkah-langkah yang harus dilakukan untuk tetap bertahan. 

Mengambil napas dalam-dalam dan perlahan-lahan dapat membantu mengurangi rasa panik. Ingat, semakin tenang kamu, semakin besar kemungkinan untuk bertahan hidup. 

Saat kamu merasa mulai tenggelam, cobalah untuk memperlambat gerakan dan berusaha mengatur napas. Usahakan untuk menjaga kepala tetap di atas air dengan posisi yang stabil, karena ini akan mempermudah kamu untuk bernafas dan mengapung.

BACA JUGA:Nadya, Adik Nathalie Holscher Fix Terima Lamaran Sang Kekasih

2. Angkat Tangan dan Minta Pertolongan

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: