Mau Servis Motor Bulanan? Jangan Lewatkan 3 Bagian Ini Ya!

Mau Servis Motor Bulanan? Jangan Lewatkan 3 Bagian Ini Ya!

Servis motor-ArthurHidden-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Untuk menjaga motor agar tetap dalam kondisi optimal dan kinerjanya terus terjaga, penting untuk menerapkan praktik perawatan berkala yang konsisten. 

Dengan merawat motor secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa mesinnya tetap awet dan jarang mengalami masalah. 

Pemeliharaan rutin dapat dilakukan dengan jadwal berkala, idealnya setiap 1 hingga 2 bulan atau setiap kali motor telah menempuh sekitar 2000 km untuk motor yang lebih tua dan 5000 km untuk motor yang lebih baru.

BACA JUGA:Ini 3 Rekomendasi Terbaik Ban Khusus Motor Matic

Melakukan servis rutin memungkinkan untuk pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting, termasuk mesin, sistem pembuangan, sistem pendinginan, ganti oli mesin, oli gardan dan lainnya. 

Hal ini membantu dalam mendeteksi potensi masalah sejak dini sebelum mereka berkembang menjadi kerusakan yang lebih serius. 


Motor mengeluarkan suara berisik-master1305-Freepik

Dengan begitu, Anda dapat menghindari penurunan kinerja motor, mencegah mesin menjadi panas berlebihan, dan mengurangi risiko kerusakan yang memerlukan biaya perbaikan yang tinggi.

Selain itu, jangan lewatkan 3 bagian ini saat sedang servis motor, simak dibawah ini:

BACA JUGA:Ini 3 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Kamu Nikmati di Waktu Weekend

1. Filter udara

Filter udara memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kualitas udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran pada mesin motor. 

Fungsi utamanya adalah menyaring debu, kotoran, dan partikel lainnya dari udara sehingga tidak mencemari sistem pembakaran, seperti sistem injeksi atau karburator. 

Dengan menyaring udara secara efektif, filter udara mencegah masuknya kotoran yang dapat menyumbat atau mengganggu proses pembakaran, sehingga menjaga kinerja mesin tetap optimal.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: