Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah, Terbagi Dalam 554 Kloter

Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah, Terbagi Dalam 554 Kloter

Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah, Terbagi Dalam 554 Kloter---MCH 2022

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Selama pelaksanaan ibadah haji 1445 H/2024 M, Indonesia akan mengirimkan 241.000 jemaah ke tanah suci.

Mereka akan dibagi ke dalam 554 kelompok terbang (kloter). Sebanyak 294 kloter akan diberangkatkan menggunakan layanan Garuda Indonesia, sementara 260 kloter lainnya akan menggunakan layanan Saudia Airlines.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kementerian Agama, Saiful Mujab, ketika menghadiri Pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya 1445 H/2024 M di Aula Muzdalifah, Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

"Jemaah haji melalui Embarkasi Surabaya tahun ini terdiri dari 106 kelompok terbang. Hal ini menandakan bahwa jumlah kloter yang melewati Embarkasi Surabaya merupakan yang terbanyak dari total 554 kelompok terbang tahun ini," ujar Saiful Mujab sebagaimana dilaporkan oleh Kemenag pada Minggu, 5 Mei 2024.

BACA JUGA:Resmi! Ayo Ikutan Rekrutmen Tenaga Kesehatan Haji 2024, Ini Persyaratannya

"Saya berharap penjadwalan slot dapat berjalan lancar sehingga pelaksanaan haji melalui embarkasi Surabaya dapat berjalan dengan baik," tambahnya.

Pada tahun ini, embarkasi Surabaya juga menggunakan layanan fast track untuk pertama kalinya.

Menurut Saiful Mujab, layanan ini merupakan penghargaan dari Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia.

Arab Saudi menyediakan tiga layanan fast track dalam Mecca Route Haji 1445 H/2024 M, yaitu Bandara Djuanda Surabaya, Adi Soemarmo Solo, dan Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

BACA JUGA:Pendaftaran Petugas Haji 2024 Masih Dibuka Sampai Saat Ini, Buruan Daftar Yuk!

"Indonesia adalah satu-satunya negara yang memiliki tiga layanan fast track di dunia dalam penyelenggaraan ibadah haji," ungkapnya.

Dengan adanya layanan fast track, jemaah haji bisa langsung menuju pemondokan setelah turun di Madinah atau Jeddah, memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi jemaah haji Indonesia.

Keberangkatan jemaah haji Indonesia akan dilakukan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dijadwalkan berlangsung dari 12 hingga 23 Mei 2024, sementara gelombang kedua akan berlangsung dari 24 Mei hingga 10 Juni 2024.

"Pada tanggal 12 Mei, sebanyak 22 kloter akan berangkat ke tanah suci, termasuk dari Embarkasi Surabaya. Kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang turut berkomitmen dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji," tuturnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: