5 Faktor Utama yang Menyebabkan Batu Ginjal, Jarang Minum Air Putih Salah Satunya!

5 Faktor Utama yang Menyebabkan Batu Ginjal, Jarang Minum Air Putih Salah Satunya!

jarang minum bisa ginjal---Istimewa

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Penyakit batu ginjal bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah jarang minum air putih.

Penyakit menyerang seseorang tanpa memandang usia, oleh sebab itu alangkah baiknya jika Anda menjaga kesehatan sedini mungkin.

Batu ginjal merupakan penyakit yang disebabkan akibat mengerasnya kandungan garam dan mineral dalam organ tubuh seseorang.

BACA JUGA:Yuk Buruan Daftar Beasiswa S1 Binus University 2024, Cek Update Syarat Daftarnya

Batu ginjal adalah suatu keadaan di mana terbentuknya struktur padat yang menyerupai batu di dalam ginjal atau saluran kemih. 

Secara umum, batu ini terdiri dari berbagai zat kimia seperti asam urat, kalsium fosfat, dan kalsium oksalat yang mengalami proses kristalisasi dan pengerasan seiring berjalannya waktu.

Penyakit ini diderita oleh seseorang bukan tanpa sebab, berikut merupakan beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seseorang menderita baju ginjal.

1. Jarang minum air putih

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Cara Agar Wanita yang Berhalangan Tidak Berpuasa Tetap Bisa Dapatkan Pahala

Penyebab paling utama dan umum terjadinya penyakit batu ginjal pada seseorang adalah kurangnya konsumsi air yang cukup. 

Kurang konsumsi air dapat mengakibatkan penumpukan dan pengerasan limbah dalam tubuh, sehingga menyebabkan urin menjadi lebih pekat dan berpotensi terbentuknya batu ginjal.

Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit batu ginjal disarankan untuk mengonsumsi air yang cukup setiap hari agar tubuh mendapatkan asupan cairan yang mencukupi.

2. Konsumsi makanan tinggi garam

BACA JUGA:2 Bahan yang Bisa Bantu Usir Komedo dari Wajah, Begini Cara Buatnya

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: