Konsumsi Minuman Bersoda Dapat Berisiko Terkena Kanker Hati, Kurangi Sekarang Juga!

Konsumsi Minuman Bersoda Dapat Berisiko Terkena Kanker Hati, Kurangi Sekarang Juga!

Bahaya Mengonsumsi Minuman Bersoda-@kues1-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID -  Dalam era kehidupan sekarang atau pada kehidupan modern yang serba ada dan serba cepat, minuman bersoda telah menjadi pendamping setia bagi banyak nya orang.

Minuman bersoda mempunyai rasa manis, gelembung yang sangat menyegarkan, dan kepraktisan kemasan membuat minuman bersoda menjadi minuman kesukaan seseorang.

Namun dibalik kenikmatan itu semua, pastinya ada dampak negatif yang serius terhadap kesehatan yang sering kali kita abaikan yang terdapat kandungan didalam minuman bersoda. 

Soft drink atau yang biasa dikenal dengan minuman soda, yang didalam nya mengandung gula berlebihan, bahan tambahan buatan dan terdapat sirup jagung fruktosa tinggi, bisa memberikan efek yang sangat buruk pada kesehatan tubuh terutama pada kesehatan hati.

BACA JUGA:WAH! Ternyata Beauty Privilege Sangat Berpengaruh Buat Lingkungan Sosial Loh

Hati adalah organ tubuh yang sangat memiliki peran penting dalam metabolisme gula dan ketika dibanjiri dengan kandungan gula yang tinggi di dalam minuman ringan, maka hari akan mengalami proses metabolisme fluktosa menjadi lemak.

Hal ini dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit hati berlemak non alkohol atau biasa disebut (NAFLD), yang dimana suatu kondisi yang ditandai dengan penumpukan lemak di sel-sel hati.

Jika kita mengkonsumsi minuman bersoda secara terus menerus bisa memperburuk NAFLD, dan berkembangan menjadi kondisi yang lebih parah seperti sirosis atau karsinoma hepatoseluler, yang biasa kita kenal dengan suatu bentuk kanker hati.

Selain itu juga dengan tingginya kadar asam fosfat dalam minuman ringan jenis minuman bersoda atau soft drink bisa menyebabkan peradangan hati.

BACA JUGA:Apa Iya? Ternyata Perempuan Cenderung Lebih Emosional, Berikut Faktanya

Seorang penelitian di Brigham and Women's Hospital, telah menemukan seorang perempuan yang telah mengonsumsi minuman bersoda atau soft drink pada setiap hari dapat berisiko lebih tinggi terkena penyakit seperti kanker hati dan hepatitis kronis.

Minuman bersoda atau soft drink dapat mempunyai dampak yang sangat besar dan buruk terhadap kesehatan individu di karenakan terdapat kandungan gulanya yang tinggi dan bahan kimia tambahan didalam nya.

Jika kita mengonsumsi secara teratur dapat dikaitkan dengan penambahan berat badan, pengingkatan risiko diabetes, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Kandungan gula yang terdapat pada minuman bersoda dan keasaman yang berlebihan bisa mengikis enamel gigi sehingga menyebabkan masalah gigi seperti gigi berlubang dan mengalami pembusukan pada gigi.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: