Apa Boleh Mengkebiri Kucing Dalam Islam? Buya Yahya Beri Penegasan

Apa Boleh Mengkebiri Kucing Dalam Islam? Buya Yahya Beri Penegasan

Kucing---ISTIMEWA

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID – Steril kucing merupakan tindakan pengangkatan organ reproduksi agar kucing tersebut tidak bisa menghasilkan keturunan yang bukan saja baik untuk binatang (jantan dan betina) tapi juga baik untuk lingkungan.

Kebiri kucing memiliki keunggulan antara antara lain sebagai berikut, Penghapusan dorongan seksual membuat hewan peliharaanmu tidak cenderung 'berkeliaran' untuk mencari betina yang sedang berahi. Ini dapat mengurangi atau mencegah bentuk agresivitas tertentu. Mencegah kanker testis

Melansir kanal Youtube  Al Bahjah TV yang diampu oleh Buya Yahya, pemimpin pondok pesantren ini menjelaskan dengan lugas tentang ketentuan hukumnya dalam Islam.

BACA JUGA:Harga Souvenir Pernikahan BCL Kipas Kayu Ternyata Nyaris Rp1 Jutaan

Semua bermula dari seorang peserta dakwah yang bertanya, apa hukumnya mensteril kucing, supaya tidak hamil?

Selanjutnya Buya Yahya mengatakan hewan tak bisa disejajarkan dengan manusia. Jika manusia memiliki hasrat yang dikekang, maka haram hukumnya, dosa.

"Jadi kalau masih jenis binatang, asalkan caranya benar, tidak menyiksa, yang demikian itu diperkenankan," jelasnya.

Pendapat Buya Yahya ini berpatokan tidak hanya untuk kucing yang daging bukan untuk dikonsumsi melainkan untuk semua binatang, termasuk yang dagingnya dimakan oleh manusia.

BACA JUGA:Info Loker PT Freeport Indonesia Desember 2023, Cek Posisi yang Dibutuhkan Nih

Sterilisasi kucing juga membantu meningkatkan kesejahteraan hidup anabul karena tujuannya mengendalikan populasi kucing, mengurangi jumlah hewan liar yang terlantar di alam liar.

Perilaku seperti menyemprotkan kencing di sembarang tempat (spraying) juga disebut bakal berhenti setelah kucing disteril, tapi ada kalanya hal ini tetap terjadi meski kucing sudah dikebiri.

Misal, Buya Yahya mencontohkan tindakan steril pada hewan ternak agar badannya menjadi gemuk, maka hal ini diperbolehkan.

Namun kasus serupa tak bisa bisa disamakan untuk manusia, seperti penjelasan di atas. Jadi jika kalian ingin melakukan steril untuk kucing, sah-sah saja asalkan melalui prosedur medis yang jelas.

BACA JUGA:Viral! Seorang Suami Marah Besar Saat Istrinya Dipanggil Tante

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: