Rasullah SAW Gemar Sekali Gunakan Siwak, Memang Apa Sih Manfaatnya?

Rasullah SAW Gemar Sekali Gunakan Siwak, Memang Apa Sih Manfaatnya?

cara gunakan siwak-Ilustrasi-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Rasullah SAW gemar sekali menggunakan siwak untuk sehari hari sebagaimana caranya untuk membersihkan giginya.

Akan tetapi, di era modern sekarang ini siwak tak lagi digunakan karna sudah ada pasta gigi yang selalu digunakan umat muslim untuk membersihkan giginya.

Padahal tak hanya dapat membersihkan gigi, siwak juga memiliki banyak manfaat yang sebagaimana selalu digunakan Rasullah SAW.

BACA JUGA:Rahasia Daun Kemangi Bisa Bantu Wajah Auto Glowing, Ini3 Manfaatnya

Perlu kalian ketahui, batang siwak memiliki ukuran kecil seperti ranting yang berwarna coklat muda yang memiliki serat seperti bulu sikat.

Sejak zaman Rasulullah SAW, ranting tersebut dipergunakan untuk membersihkan permukaan gigi sehingga termasuk dalam amalan sunnah muakkad (mendekati wajib).

Berikut manfaat siwak yang bisa kalian pahami :

1. Mencegah gigi berlubang dan merawat kekuatan gigi

BACA JUGA:Tiket Whoosh Sudah Terpesan, Tapi Masih Bingung Mau Wisata Kemana? Ini Rekomendasinya

Siwak dipercaya dapat mencegah gigi berlubang. Manfaat ini bisa diperoleh berkat essential oil yang terkandung di dalam siwak, dan cara penggunaannya yang harus dikunyah terlebih dulu sehingga meningkatkan produksi air liur dalam mulut.

Air liur yang dihasilkan ini dapat membantu menjaga keseimbangan pH di rongga mulut. Dengan begitu, pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang dapat ditekan.

Selain itu, siwak juga bisa menghambat pengeroposan gigi, sehingga turut menjaga kekuatan gigi.

2. Mencegah bau mulut dan menyegarkan napas

Selain mencegah gigi berlubang, bersiwak juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Ini karena batang atau ranting siwak mengandung zat antibakteri alami yang dapat menghambat pertumbuhan kuman penyebab bau mulut.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: