3 Mitos Penguasa Laut Selatan Nyi Roro Kidul, Bikin Merinding!

3 Mitos Penguasa Laut Selatan Nyi Roro Kidul, Bikin Merinding!

cerita mistis-Ilustrasi-Istimewa

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Mitos yang bikin merinding bulu kuduk dimana cerita tentang penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul.

Nyi Roro Kidul adalah penguasa dilaut Pangandaran dan selalu menjadi cerita mistis dibalik namanya.

Tak hanya di Pangandaran, Nyi Roro Kidul juga sebagai ratu penguasan di laut Selatan yang selalu terkenal namanya.

BACA JUGA:Menjelang Hari Pernikahan, BCL Ganti Nama Instagramnya

Adapun beberapa wilayah pantai selatan yang wajib kalian ketahui diantaranya yaitu Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, Garut dan Pangandaran jika sebeulmnya Ciamis.

Berikut beberapa mitos yang diyakini tentang keberadaan Nyi Roro Kidul.

1. Nyi Roro Kidul Pernah Hidup di Abad 13

Banyak versi yang menerangkan tentang jati diri sang ratu. Ada yang mengatakan jika Nyi Roro Kidul merupakan keturunan Raja Airlangga dari Kahuripan hingga keturunan Raja Kediri Jayabaya. Terdengar pula cerita Nyi Roro Kidul merupakan putri mahkota dari Kerajaan Galuh yang pernah hidup pada abad 13.

BACA JUGA:Viral Bocil Tak Dapat Medali Meski Finish Kedua Lomba Renang, Sedih Banget Rasanya

Karena suatu konspirasi perebutan tahta, Putri Kandita akhirnya tersingkir dari istana. Dalam pengasingannya ia memutuskan untuk menetap di kawasan Pantai Selatan. Di sana ia menyatu dengan pepunden Laut Selatan hingga kemudian Putri Kandita berhasil menguasai gaib kawasan tersebut hingga bersemayan di tepat itu dan bergelar Nyi Roro Kidul.

2. Dinikahi oleh Raja-raja Jawa

Kisah yang menyebutkan Nyi Roro Kidul berasal dari kerajaan Galuh, ia dilahirkan permaisuri Ratu Ayu. Ketika bayi ia sudah dapat berbicara layaknya orang dewasa dan mengatakan kelak akan menjadi penguasa gaib tanah Jawa dan bersemayam di Pantai Selatan.

Ketika itu pula roh Raja Galuh, Sindhula menyampaikan wangsit jika cucunya tersebut kelak tak akan bersuami demi menjaga kesucian dirinya. Yang bisa menikahi cucunya itu hanyalah raja-raja di tanah Jawa.

BACA JUGA:Kapan Kartu Prakerja Gelombang 63 Mulai Dibuka? Simak Tips Penting Agar Lolos Seleksi!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: