Begini Tanggapan Jokowi Soal Firli Bahuri Jadi Tersangka Pemerasan SYL

Begini Tanggapan Jokowi Soal Firli Bahuri Jadi Tersangka Pemerasan SYL

kasus firli bahuri-@folkative-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Jokowi memberikan tanggapan mengenai penetapan tersangka Filri Bahuri atas kasus pemerasan Syahrul Yasin Limpo.

Mengetahui hal tersebut, Jokowi meminta agar semua pihak yang terlibat atas kasus SYL agar menaati peraturan hukum.

Jokowi pun sangat prihatin atas penetapan tersebut karna dirinya sangat meminta kepada semua pejabat agar tidak jalani korupsi ataupun pemerasan.

BACA JUGA:Irish Bella Hadiri Sidang Perceraian Sambil Tersenyum Tabah

"Hormati semua proses hukum," ucap Jokowi di Biak Papua Kamis, 23 November 2023.

Penetapan tersangka kepada Filri ditetapkan pada hari Rabu, 22 November 2023 malam hari dikabarkan oleh Polda Metro Jaya.

"Menetapkan Saudara FB selaku Ketua KPK sebagai tersangka," ujar Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak di Jakarta Rabu, 22 November 2023.

Polda Metro Jaya mengambil keputusan ini setelah menilai adanya bukti yang dianggap memadai terkait dugaan tindak pidana korupsi, termasuk pemerasan, penerimaan gratifikasi, atau penerimaan hadiah oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara yang berkaitan dengan jabatannya. Kasus ini terkait dengan penanganan masalah hukum di Kementerian Pertanian RI pada periode 2020-2023.

BACA JUGA:Cara Ampuh Glowingkan Wajah Bermodalkan Tomat, Ini Rahasianya

Firli dijerat dengan Pasal 12e atau Pasal 12B atau Pasal 11 UU 31/1999 yang telah diubah dengan UU 20/2001 tentang Perubahan atas UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 65 KUHP. Firli terancam hukuman paling berat penjara seumur hidup.

Sementara terkait beredarnya foto pertemuan antara Firli dengan SYL di sebuah lapangan bulu tangkis, Firli menyebut pertemuan tersebut dilakukan sebelum dugaan kasus korupsi ini terjadi, yakni pada Maret 2022. 

Lebih lanjut ia menjelaskan dalam keterangannya pada Senin 9 Oktober 2023 bahwa pertemuan tersebut dilakukan secara beramai-ramai di tempat terbuka.

Sebagaimana informasi, SYL melakukan korupsi guna uang tersebut digunakan untuk membayar cicilannya.

BACA JUGA:Sekarang Juga Klaim Kode Redeem Free Fire Terbaru, Kamis 23 November 2023

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: