Begini Cara Kelola Keuangan Bulanan Rumah Tangga, Anti Boros!

Begini Cara Kelola Keuangan Bulanan Rumah Tangga, Anti Boros!

Cara atur keuangan keluarga-Ilustrasi-Pinterest

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ada beberapa tips yang kalian perlu ketahui untuk mengatur keuangan rumah tangga kalian agar tidak boros.

Setiap rumah tangga tentunya akan mempunyai kebutuhan khusus dimana kebutuhan tersebut sangat diutamakan seperti makan sehari hari.

Ada pula kebutuhan mendadak yang tidak bisa kita prediksi kapan datangnya seperti keluarga mengadakan acara.

BACA JUGA:Lakukan 5 Kebiasaan Ini Setiap Pagi, Pasti Cepat Kurus!

Tapi janagn khawatir, ini ada beberapa tips untuk kalian agar keuangan kalian tidak boros dijamin punya banyak simpanan.

1. Buat Anggaran Belanja

Mulailah dengan mencatat anggaran belanja dalam sebulan. Buat rincian tagihan pembayaran dan barang apa saja yang perlu dibeli di bulan tersebut agar kamu tidak boros.

Catat secara detail supaya kamu dapat mengontrol aliran dana. Ini juga terbukti efektif untuk memetakan prioritas anggaran setiap bulannya.

BACA JUGA:Awkarin Kehilangan Uang dan Barang Nyaris Ratusan Juta, Digondol Asisten Pribadinya!

2. Rutin Menabung

Setelah gajian setidaknya sisihkan penghasilan 10% untuk ditabungkan. Nantinya tabungan tersebut bisa kamu gunakan sebagai dana darurat atau kebutuhan penting lain di masa depan.

Kamu bisa menabung di bank atau celengan. Manfaatkan juga layanan perbankan untuk mempermudah kamu dalam mengalokasikan uang tabungan. Misalnya mengikuti program deposito atau tabungan berjangka.  

Pastikan kamu menyisihkan uang untuk tabungan segera setelah memperoleh pemasukan. Jangan tunggu sampai ada sisa dulu baru ditabungkan.

BACA JUGA:CATAT! Ini 5 Tips untuk Kontrol Diabetes, Lakukan Sesering Mungkin

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: