Hih! Korea Selatan Diserang Wabah Kutu Busuk, Apa Penyebabnya?

Hih! Korea Selatan Diserang Wabah Kutu Busuk, Apa Penyebabnya?

kutu busuk-ilustrasi-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Baru-baru ini negara yang kerap disebut Negeri Gingseng, terkena serangan wabah kutu busuk.

Kabarnya wabah kutu busuk ini juga kebal terhadap pembasmi hama insektisida Piretroid yang menyebabkan pemerintahan Korea Selatan mengalami kesulitan untuk membasmi hama ini.

Padahal pada awalnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) sempat memberikan daftar nama insektisida yang dipercaya manjur untuk membasi kutu ini.

BACA JUGA:Rekomendasi Game Penghasil Uang Terbaru 2023, Bisa Bikin Makin Cepat Kaya?

Daftar-daftar insektisida itu meliputi insektisida yang memiliki kandungan Permetrin dan Deltametrin, yang merupakan tergolong keluarga insektisida Piretroid.

Kemudian insektisida ini diteliti lebih lanjut agar pembasmian kutu berjalan secara cepat dan optimal.

Hasil penelitian ini diungkapkan melalui tim peneliti di Seoul National University, yang dimana menunjukkan bahwa jenis insektisida tersebut tidak efektif untuk membasmi kutu busuk yang sedang mewabah.

Penelitian ini menunjukkan bahwa semua jenis kutu busuk tropis (Cimex Hemipterus) pada tahun 2021 telah berhasil berkembang dengan tingkat ketahanan yang mampu menahan insektisida Piretroid.

BACA JUGA:Selamat! Larissa Chou Hamil Anak Pertama Dari Ikram Rosadi

"Hampir semua kutu busuk yang digunakan untuk penelitian ini terbukti resisten terhadap insektisida piretroid," jelas Lee Si-hyeock, seorang profesor biologi dan kimia di SNU, yang dikutip dari Korea JoongAng Daily, pada Kamis, 9 November 2023.

Saking kebalnya, Profesor Lee sampai mengatakan bahwa kutu busuk ini memiliki tingkat ketahanan 20.000 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan pestisida.

Profesor Lee juga menganjurkan para masyarakat untuk terus waspada terhadap wabah kutu busuk ini.

Ia juga menjelaskan bahwa masyarakat harus lebih pintar dalam memilih jenis insektisida, dan tidak memakai insektisida jenis Piretroid.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: