Jangan Lupakan! Ini Sejarah Singkat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Jangan Lupakan! Ini Sejarah Singkat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Hari sumpah pemuda-Ilustrasi-Pinterest

JAKARTA, POSTINGNEWS.IDBesok jatuh pada tanggal 28 Oktober akan ada hari mengenangnya Sumpah Pemuda dimana hari kebangkitan bagi jiwa jiwa muda.

Kongres ini bertujuan untuk memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan Indonesia.

Kongres Pemuda Kedua diprakarsai oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI).

BACA JUGA:3 Ciri Rumah yang Sering Didatangi Malaikat, Bersiap Terus Dihadapi dengan Berkah

PPPI adalah organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia.Sejarah Sumpah Pemuda dilatarbelakangi oleh kondisi Republik Indonesia yang mana saat itu masih dalam masa penjajahan Belanda.

Dalam kondisi tersebut, para pemuda dari kelompok pelajar di Indonesia sepakat untuk mendirikan organisasi bernama Indonesische Student Bond atau PPPI pada 1926.

Kelompok PPPI ini terdiri dari para pemuda terpelajar yang menempuh pendidikan di Stovia, Technische Hoogeschool te Bandoeng (THS), dan Rechtshogeschool te Batavia (RHS).

Mereka semua mempunyai visi dan misi sama, bahwa kawanan penjajah yang mengekang Indonesia bisa disingkirkan dengan kekuatan serta persatuan semangat pemuda bangsa.

BACA JUGA:Wajah Kusam? Ini 4 Rekomendasi Krim yang Bikn Wajah Auto Glowing!

Pada 30 April hingga 2 Mei 1926 Kongres Pemuda mulai gelar, yaitu pertemuan kelompok para pemuda Indonesia dalam skala nasional.

Pertemuan tersebut disebut sebagai Kongres Pemuda I dan berlangsung di Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta.

Maksud dan tujuan pertemuan itu untuk membahas strategi, serta menyampaikan gagasan terkait cara membebaskan diri dari penjajah.

Tak hanya itu, para pemuda ini turut mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari peran perempuan dalam merebut kemerdekaan, agama, hingga bahasa persatuan bagi Indonesia.

BACA JUGA:Viral! Video Presiden Jokowi Pidato Pakai Bahasa Mandarin, Gerak Bibirnya Pas Banget, Kominfo Bilang Begini

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: