Cacar Monyet Mulai Mewabah di Jakarta, Begini Cara Obatinya

Cacar Monyet Mulai Mewabah di Jakarta, Begini Cara Obatinya

Penyakit cacar monyet-@halodoc-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Saat ini daerah Jakarta sedang mewabah sekali penyakit cacar monyet dimana bisa menyerang anak dan juga orang dewasa.

Penularan penyakit cacar monyet di antara manusia berlangsung melalui kontak langsung dengan lenting atau luka di kulit, cairan tubuh, droplet (percikan air liur) yang dikeluarkan saat bersin dan batuk, serta menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus monkeypox.

Penyakit ini terlihat sangat menjijikan karna melenting banyak disekujur tubuh dan berisi air yang bisa menularkan.

BACA JUGA:Lowongan Kerja BUMN 2023: PT Kimia Farma Buka Loker Pegawai Tetap, Catat Persyaratannya

Diketahui virus ini semula ditransmisikan oleh gigitan hewan liar seperti tupai. Namun, para peneliti juga menemukan bahwa virus ini menginfeksi sekelompok monyet yang sedang diteliti. Dari sinilah, penyakit ini dinamakan cacar monyet.

Penyakit ini diketahui dapat menular melalui kontak langsung dengan lesi kulit, darah, cairan tubuh, atau mukosa (air liur) yang mengandung virus. 

Sejauh ini belum ditemukan pengobatan khusus untuk cacar monyet di Indonesia, mengingat kasus penyakit ini memang belum ditemukan di Indonesia.

Meski belum ada pengobatan khusus, penyakit ini dapat ditangani dengan mencoba mengendalikan gejala-gejala yang muncul melalui perawatan yang bersifat suportif dan pengobatan melalui antivirus.

BACA JUGA:Anti Antre! Begini Cara Mudah Bikin SIM dari Rumah, Tinggal Duduk Manis Auto Jadi

Perawatan suportif tidak dapat menghentikan infeksi virus yang berlangsung, melainkan bertujuan untuk meningkatkan kekuatan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi.

Selama mengalami gejala, Anda dianjurkan untuk memperbanyak waktu istirahat serta mencukupi kebutuhan cairan dan nutrisi dengan menjalani diet sehat secara ketat.

Hendaknya Anda juga melakukan karantina diri dengan berdiam di rumah dan melakukan pembatasan kontak sosial dengan orang-orang di lingkungan sekitar.

Hingga saat ini belum ada obat yang spesifik bisa mengatasi infeksi virus penyebab cacar monyet. Namun, jenis antivirus yang digunakan untuk mengobati cacar (smallpox), yaitu cidofovir atau tecovirimat bisa membantu dalam proses pemulihan.

BACA JUGA:UAH Minta Amalkan Doa Ini Setiap Hari, Dijamin Pekerjaan Bisa Lebih Sukses!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: