7 Mitos Jawa yang Masih Dipercaya Hingga Kini, Nomor 5 Paling Sering Terjadi!

7 Mitos Jawa yang Masih Dipercaya Hingga Kini, Nomor 5 Paling Sering Terjadi!

7 Mitos Jawa yang Masih Dipercaya Hingga Kini, Nomor 5 Paling Sering Terjadi!---Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ada beberapa mitos jawa yang masih dipercayai banyak masyarakat hingga saat ini bahkan tak hanya golongan orang jawa saja banyak yang bukan Jawa pun mengikutinya.

Biasanya mitos menceritakan tentang alam semesta, makhluk gaib, hingga makhluk mitologis. Biasanya mitos sendiri sudah ada sejak zaman dahulu dan ceritanya turun temurun.

Berikut beberapa mitos Jawa yang masih dipercayai hingga saat ini yang perlu kalian ketahui :

BACA JUGA:5 Menit Cair, Begini Cara Ajukan Pinjaman di Shopee Tanpa Berbelit!

1. Mitos anak gadis duduk di depan pintu akan sulit jodoh

Mitos di Jawa yang masih dipercaya masyarakat sampai sekarang, adalah anak gadis duduk di depan pintu akan sulit jodoh. Sisi positif munculnya mitos ini adalah untuk mengajarkan sopan santun kepada anak perempuan. Sebab bila duduk di depan pintu bisa menghalangi orang yang mau masuk ataupun keluar.

2. Keluar Rumah saat Magrib Bisa Dibawa Wewe Gombel

Orang tua zaman dahulu kerap mempercayai mitos ini. Mitos ini melarang anak-anak keluar rumah saat magrib. Mereka percaya saat gelap datang, artinya waktu beristirahat di dalam rumah. Mitos itu kerap digunakan orang tua untuk meminta anaknya segera pulang bermain, saat magrib menjelang.

BACA JUGA:Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM Mandiri, Lupa Bawa Kartu Bukan Jadi Masalah!

3. Bersiul di malam hari dapat memanggil setan

Tanpa sadar pasti kita pernah bersiul di malam hari dan ditegur oleh orang yang lebih dewasa. Mereka mengatakan kalau bersiul dapat memanggil setan. Faktanya mitos ini diciptakan untuk mengurangi aktivitas bersiul di malam hari yang mengganggu waktu istirahat.

4. Duduk di Bantal Bisa Sebabkan Bisulan

Mitos ini juga sering terdengar dimana mitos ini untuk mengingatkan bahwa bantal digunakan untuk kepala, dan tidak sopan bila dijadikan alas duduk.

BACA JUGA:Janji Anies Bakal Berantas Judi Online Jika Terpilih Jadi Presiden 2024

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: