Waduh! Beli Beras Sekarang Ada Batasan 10kg per Hari Tak Boleh Lebih

Waduh! Beli Beras Sekarang Ada Batasan 10kg per Hari Tak Boleh Lebih

Harga beras naik-Ilustrasi-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Masyarakat dibuat kaget dengan adanya pembatasan pembelian beras dimana seharinya hanya bisa dibeli sebanyak 10 kg saja.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) dan memberikan alasannya.

Aturan ini dibuat agar tidak ada oknum nakal yang mengoplas beras nantinya.

BACA JUGA:InshaAllah Kaya Raya, Gus Baha Bocorkan Waktu Mustajab untuk Berdoa!

"Jadi, setiap orang boleh beli beras dua kantong (5 kg) atau 10 kg, itu maksudnya mencegah agar tidak diborong kemudian dioplos. Ada orang sekarang dia namanya usaha, walaupun ada Satgas, ada juga yang bandel," kata Zulhas di Kantor Kemendag Kamis, 5 Oktober 2023.

"Belinya banyak dibongkar lagi, dicampur, harganya mahal. Oleh karena itu, dibuat kebijakan (bisa) beli dua (kemasan beras). Kalau gitu dia kan nggak seberapa, (oplos beras) nggak akan terjadi. Tapi kalau dia bisa borong banyak, bisa borong 10 ton (beras), bisa dioplos sama beras medium lainnya," imbuhnya.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi beras sebesar 13,76% (year on year/yoy). Adapun, inflasi bulanannya mencapai 1,43%, tertinggi sejak Maret 2023. Secara tahunan, inflasi ini tertinggi sejak Oktober 2015, sebesar 13,44%.

Pembelian beras di minimarket pun mulai dibatasi bahkan pengiriman beras juga dikontrol.

BACA JUGA:Buruan Melamar! MCN Media Buka 5 Lowowongan, Begini Syaratnya

Mengenai kenaikan harga beras yang membuat resah masyarakat membuat Perum Bulog mengungkapkan penyebab kenaikan harga beras dalam beberapa waktu terakhir.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso alias Buwas mengatakan itu salah satunya terjadi karena beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang berasal dari impor beberapa kali ditemukan dipalsukan.

Karung beras tersebut diganti dengan merek lainnya dan dijual dengan harga tinggi.

"Beras Bulog ini kualitasnya premium, enggak dioplos, rawannya diganti karung. Dianggap produksi lokal mereka, dimasukkan, di-packaging merek-mereknya mereka untuk disuplai dengan harga tinggi," katanya di Pasar Induk Beras Cipinang Kamis, 5 Oktober 2023.

BACA JUGA:Buruan Cek Rekening Kalian, KJP Plus Tahap 1 Bulan Oktober 2023 Cair, Segini Nominalnya

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: