Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023: Kesempatan Baru untuk Lulusan SMA/SMK!

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023: Kesempatan Baru untuk Lulusan SMA/SMK!

cpns 2023-ilustrasi-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Bagi lulusan SMA/SMK dan sederajat yang bercita-cita menjadi aparatur sipil negara (ASN), ada kabar baik. Seleksi ASN tahun 2023 memberikan peluang untuk mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) khusus untuk lulusan SMA/SMK. 

Dalam dua pekan ke depan, pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 akan dibuka pada tanggal 17 September 2023. Ini adalah peluang emas bagi mereka yang ingin berkarier di sektor pemerintahan, terutama jika Anda adalah lulusan SMA/SMK. 

Pemerintah telah mengumumkan pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK 2023, dan ini berarti bahwa peluang untuk mengikuti seleksi CPNS dan PPPK akan segera tiba.

BACA JUGA:Sebut Ridwan Kamil Tidak Mungkin Jadi Cawapres Ganjar, Puan: Golkar di Kubu Prabowo

Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan SMA/SMK

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, seleksi CPNS dan PPPK tahun ini tidak hanya terbuka untuk lulusan sarjana (S1) dan diploma. Lulusan SMA/SMK juga memiliki kesempatan untuk mendaftar seleksi CPNS dan PPPK 2023.

Daftar berikut mencantumkan beberapa kementerian dan lembaga yang membuka formasi CPNS dan PPPK 2023 khusus untuk lulusan SMA/SMK:

1. Formasi CPNS 2023 di Kejaksaan RI

- Kejaksaan Republik Indonesia (RI) adalah salah satu lembaga yang mengumumkan pembukaan pendaftaran CPNS melalui akun Instagram resminya [@kejaksaan.ri](https://www.instagram.com/kejaksaan.ri/) pada tanggal 25 Agustus 2023. Ada dua formasi yang tersedia bagi pelamar lulusan SMA, yaitu pengelola penanganan perkara dan penjaga tahanan.

BACA JUGA:Catat! Begini Cara Lengkap Membuat Akun SSCASN CPNS 2023

Berikut rincian formasi CPNS Kejaksaan untuk lulusan SMA:

a. Pengelola penanganan perkara

- Jumlah formasi: 2.142 orang

- Tugas pokok dan fungsi: melakukan kegiatan penyiapan bahan dan pengelolaan administrasi penanganan perkara di bidang pidana, intelijen penyelenggara penegakan hukum, perdata dan TUN, dan tindak pidana militer.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: