Gokil! Tamiya Jadi Cabang Olahraga Baru PON 2024 Mendatang

Gokil! Tamiya Jadi Cabang Olahraga Baru PON 2024 Mendatang

Ilustrasi: Turnamen Tamiya PON 2024--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Cabang olahraga unik, balapan Tamiya, tengah diperjuangkan untuk masuk dalam jajaran cabang turnamen Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang akan diadakan di Aceh, Sumatera Utara.

Rencana ambisius ini diungkapkan oleh Moch Yanuar Anugerah, Founder Kejuaraan Tamiya CAF, yang menyatakan, "Mini 4WD yang saat ini dikelola oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) sedang dalam tahap pengembangan menuju partisipasi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON)."

Turnamen Tamiya sebelumnya meraih kesuksesan dalam Kejuaraan Nasional Tamiya berjudul "CAFX4WD National Championship," yang diselenggarakan di Bandung. 

BACA JUGA:Bikin Bangga! Putri Ariani Tembus Final American Got Talent 2023

Acara ini diikuti oleh 300 peserta balap dan pemilik Tamiya dari seluruh Indonesia, memperlombakan dua kategori utama, yakni Open Race Standard Tamiya Original (STO) dengan tiga jalur, dan Time Attack dengan lima jalur.

Suksesnya kejuaraan Tamiya di Bandung mencerminkan potensi untuk mempromosikan hobi yang positif serta memupuk semangat kompetitif di kalangan generasi muda, terutama di era digital yang didominasi oleh gadget.

Selain manfaat sosial, Kejuaraan Nasional Tamiya juga mengambil peran dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menjalin kolaborasi dengan lebih dari 30 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dalam menjawab antusiasme masyarakat dan para pecinta Tamiya, Direktorat Motorsport Games IMI berkomitmen untuk berusaha agar Tamiya diikutsertakan dalam PON 2024. 

BACA JUGA:Simak! Begini Cara Mudah Transfer OVO Ke DANA

PON 2024 sendiri dijadwalkan akan dimulai di Aceh pada 8 September dan ditutup di Sumatera Utara pada 20 September 2024.

Sebelumnya, Tamiya atau Mini 4WD telah mendapatkan pengakuan resmi dari pemerintah Indonesia melalui IMI Mini 4WD Championship Round 1 pada tahun 2021, yang diakui oleh Bambang 'Bamsoet' Soesatyo, Ketua MPR, sebagai organisasi yang mewadahi para penggemar Tamiya.

"Mainan Tamiya yang populer sejak dekade 1990-an masih menjadi favorit para pemuda hingga dewasa. Balapan Tamiya mengharuskan skill tinggi, terutama dalam hal modifikasi berbagai komponen, mulai dari dinamo, sasis, hingga ban," ujar Bamsoet saat memberikan Surat Keputusan untuk Tamiya, dalam acara peresmian kantor IMI Pusat di Jakarta pada 10 September 2021.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: