Waspada! Cara Mengantisipasi Honorer Bodong, Lakukan Hal ini Sebelum Seleksi PPPK

Waspada! Cara Mengantisipasi Honorer Bodong, Lakukan Hal ini Sebelum Seleksi PPPK

Ilustrasi Seleksi CPNS 2023-Screenshoot--

Cara Mengantisipasi Honorer Bodong, Kini Sebelum Seleksi PPPK, Simak Penjelasannya

 

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Di tengah impian jutaan non-ASN berubah status menjadi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), kasus honorer bodong  mencuat kembali.

 

Di kabarkan, penuntasan masalah tenaga honorer sebanyak 2,3 juta diundur  waktunya yang semula pada tanggal 28 November 2023 menjadi Desember 2024.

 

Pada setiap seleksi ASN, kasus honorer bodong hampir selalu muncul serta sempat heboh ketika pelaksanaan seleksi CPNS 2013-2014.

 

Tetapi terdapat perbedaan waktu verifikasi data honorer. Pada seleksi CPNS 2013 hingga 2014, verifikasi data honorer K2 dilaksanakan sesudah pelaksanaan tes.

 

Namun saat ini, verifikasi data honorer dilaksanakan oleh pemerintah dengan melibatkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), sebelum pemerintah melaksanakan pengangkatan non-ASN jadi PPPK secara besar-besaran.

 

BACA JUGA:Ini Harga Honda Supra X 125 FI Tahun 2023, Motor Andalan Bapak-bapak!

 

Proses pemeriksaan oleh BPKP masih selalu berlangsung. Belum selesai, tetapi Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera mengaku memperoleh bocoran telah ada temuan sekitar 1 juta honorer titipan alias honorer bodong.

 

Dari jumlah total 2,3 juta tenaga honorer, angka 1 juta bukanlah merupakan angka yang sedikit.

 

Angka tersebut berpotensi masih bertambah sebab proses penyisiran data honorer masih terus berlanjut.

 

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) saat itu, Herman Suryatman menjelaskan, dari sekitar 210 ribu peserta tes CPNS yang lulus, sebanyak 30 ribu merupakan honorer K2 bodong.

 

Sampai tidak bisa mengikuti proses pemberkasan di Badan Kepegawaian Negara (BKN).

 

BACA JUGA:Jangan Sampai Lupa! Tiket GIIAS 2023 Surabaya Sudah Bisa di Pesan

 

Temuan per daerah pernah diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) kala itu, Azwar Abubakar.

 

Dilansir dari laman resmi KemenPAN-RB, dijelaskan bahwa dari beberapa daerah yang telah mengirimkan datanya ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), hasilnya terjadi penurunan sangat signifikan.

 

Terdapat pemda yang tenaga honorer K2 sebanyak 1.800, yang lulus tes 800 orang, namun begitu diminta Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) bupati, yang berani dipertanggungjawabkan hanya 19 orang.

 

SPTJM Belum Tentu Honorer Asli

 

Kala itu, verifikasi dilaksanakan dengan cara harus ada SPTJM dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) ketika menyerahkan dokumen untuk proses pemberkasan NIP di BKN.

 

Kalau dokumen tidak disertai SPTJM dari PPK, maka dinyatakan honorer K2 tersebut masuk dalam kategori bodong.

 

BACA JUGA:Jangan Lupain Voucher Kalian di Kredivo, Ini Cara Mudah Menggunakannya Untuk Berbelanja Hemat

 

Namun, pada pendataan tenaga honorer tahun 2022, sebenarnya juga telah diwajibkan menyertakan SPTJM PPK. Tetapi masih ada temuan honorer bodong.

 

Ada kemungkinan PPK, misalnya bupati, tidak cukup waktu untuk melaksanakan verifikasi berjenjang, sebelum meneken SPTJM.

 

Perlu diketahui, keabsahan data honorer, seperti honorer guru, harus memperoleh tanda tangan dari kepala sekolah, kepala dinas, hingga kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan baru kepala daerah selaku PPK.

 

Berkaca dari tahapan seperti itulah, maka supaya memastikan SPTJM benar-benar valid, BKN pada 2014 memituskan batas akhir penyerahan dokumen yang disertai SPTJM diperpanjang, dari yang awalnya pada akhir Mei 2014, menjadi akhir Juni.

 

Perpanjangan waktu tersebut atas permohonan hampir semua bupati dan walikota, supaya memiliki waktu yang cukup untuk melaksanakan verifikasi data honorer, sebelum meneken SPTJM.

 

BACA JUGA:Simak Dulu Cara Ngajuin KPR Syariah di BSI

 

Jadi, waktu itu honorer K2 bodong masih dapat ikut tes CPNS dan lulus seleksi. Tetapi, langsung dicoret dan tidak memperoleh NIP sesudah hasil verifikasi menyimpulkan yang bersangkutan honorer bodong.

 

Saat ini verifikasi dilaksanakan sebelum dilakukan pengangkatan jutaan honorer menjadi PPPK, yang ketentuannya akan diatur di dalam UU ASN hasil revisi.

 

Dengan demikian, honorer bodong nantinya tidak dapat ikut seleksi PPPK. Honorer yang menurut pemeriksaan BPKP dinyatakan asli, maka dapat diangkat menjadi PPPK.

 

"Proses pemeriksaan data honorer ini masih berjalan. Nah, yang telah rapi datanya, diangkat (jadi) PPPK," tutur Mardani Ali Sera dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, 6 September 2023.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: