Begini Cara Membersihkan Komedo Secara Alami di Rumah

Begini Cara Membersihkan Komedo Secara Alami di Rumah

ilustrasi cara hilangkan komedo dengan bahan alami-Sora Shimazaki-pexels

Begini Cara Membersihkan Komedo Secara Alami di Rumah

 

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Efek dari mempunyai komedo selain menjengkelkan juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Tetapi  jangan khawatir, karena komedo juga bisa dibersihkan menggunakan bahan alami di rumah.

 

Mengutip dari CNN Indonesia, terdapat 5 cara membersihkan komedo secara alami.

 

1. Madu

 

Madu memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit, selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, seperti membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga mencegah timbulnya penyumbatan pori-pori oleh sel-sel kulit mati yang dapat menjadi komedo dan jerawat. 

 

Cara pemakaiannya, yaitu dengan mengoleskan madu pada kulit berkomedo kemudian biarkan selama 20 menit. Lalu bilas wajah dengan air bersih.

 

2. Putih Telur

 

Putih telur juga bisa membantu membersihkan komedo. Putih telur bisa dimanfaatkan sebagai masker. 

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Ungkap Penampilan Rambut Capres 2024: Saya Menunggu Puluhan Tahun

 

Caranya yaitu dengan mencampurkan tiga butir putih telur dengan dua sendok makan air lemon. Lalu, oleskan pada bagian berkomedo kemudian biarkan hingga mengering. Lalu, bilas menggunakan air hangat.

 

3. Minyak Kelapa

 

Diketahui minyak kelapa juga bisa dipakai sebagai pembersih wajah dalam menghilangkan kotoran atau makeup yang bisa menyumbat pori-pori. Bukan hanya itu, minyak kelapa juga bisa membersihkan komedo.

 

Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa di area kulit yang berkomedo. Kemudian tunggu beberapa saat sampai minyak kelapa menyerap ke dalam kulit. Setelah itu, bersihkan menggunakan air hangat.

 

4. Lidah Buaya

 

Lidah buaya memang sudah dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Baik itu berupa mengencangkan kulit, mengontrol produksi minyak, sampai membersihkan pori-pori.

 

Cara menggunakannya cukup mudah, oleskan gel lidah buaya secara langsung pada area kulit yang berkomedo kemudian biarkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, cuci muka menggunakan air hangat.

 

BACA JUGA:Begini Tata Cara Sholat Meminta Hujan Ketika Kemarau Berkepanjangan, Bisa Dilakukan Sendirian

 

5. Gula Pasir

 

Selanjutnya, kamu juga bisa memakai gula dalam membersihkan komedo. Gula adalah eksfoliator alami yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit termasuk komedo. 

 

Caranya dengan mencampurkan secangkir gula putih dengan tiga sendok minyak alami, misalnya minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak pohon teh. Lalu, oleskan pada wajah yang berkomedo sambil dipijat lembut. Kemudian diamkan beberapa saat, kemudian bilas sampai bersih.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: