Mulai Gak Enak Dikendarai? Ini Ciri Ciri Mesin Mobil Kalian Turun Mesin

Mulai Gak Enak Dikendarai? Ini Ciri Ciri Mesin Mobil Kalian Turun Mesin

Cara rawat mobil-@asiaroadracing-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.IDKalian yang merasakan kendaraan pribadi kalian mobil sudah tidak enak lagi dikendarainya harus waspada.

Mengingat harganya yang tinggi, tentu merawat mobil menjadi prioritas utama agar mobil tetap awet dan berfungsi dengan baik. 

Pemakaian yang sembarangan dan perawatan yang asal-asalan bisa menyebabkan mesin menjadi aus hingga turun mesin. 

BACA JUGA:Lembaga Atom Selidiki Limbah Radioaktif yang Dibuang Jepang ke Samudra Pasifik, Aman Kah?

Berikut beberapa ciri mobil kalian mengalami turun mesin :

1. Asap Putih

Ciri yang pertama dan paling mudah dikenali adalah munculnya asap putih dari knalpot ketika mobil dinyalakan. Jika masalah ini terjadi ketika mobil dibawa perjalanan jarak jauh, maka hal ini mengindikasikan terdapat masalah pada mesin mobil. Kemungkinan besar disebabkan karena bagian seal-seal valve yang sudah mulai mengeras atau bisa juga disebabkan komponen mesin yang lain.

Oleh karena itu, apabila kamu melihat mobil mengeluarkan asap putih, segera konsultasikan masalah tersebut pada bengkel terdekat. Jika kondisinya sudah cukup parah maka tidak menutup kemungkinan perlu dilakukan turun mesin.

BACA JUGA:Punya Utang Segunung? Aa Gym: 'Baca Doa Ini Pagi dan Sore'

2.Suara mesin kasar 

Di awal pembelian, mungkin Anda mendengar suara mobil yang tanpa masalah. Berbeda dengan mobil yang sudah turun mesin, maka mobil akan mengeluarkan bunyi-bunyi kasar.  Suara-suara aneh itulah yang menjadi tanda bahwa mesin mobil Anda membutuhkan istirahat dan perbaikan.

3. Air Radiator Terkontaminasi Minyak

Air radiator yang terkontaminasi dengan minyak bisa menjadi salah satu ciri mesin mobil harus turun mesin. Hal ini bisa disebabkan karena adanya pengeroposan atau korosi pada bagian blok silinder head. Kondisi ini kemudian menyebabkan munculnya lubang-lubang yang menjadi jalan masuknya air. Sehingga, air masuk ke dalam ruang kompresi dan oli masuk ke saluran air.

BACA JUGA:Biadab! Seorang Warga Tewas Usai Diculik dan Dianiaya Anggota Paspampres

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: