Penemuan Tempat Paling Panas di Alam Semesta, Bukan Matahari Tapi yang Ini Ngeri Banget!

Penemuan Tempat Paling Panas di Alam Semesta, Bukan Matahari Tapi yang Ini Ngeri Banget!

Tempat paling panas yang tercatat di alam semesta adalah quasar 3C273, wilayah terang di sekitar lubang hitam supermasif dengan suhu sekitar 10 triliun derajat Celcius. --

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Tempat paling panas yang tercatat di alam semesta adalah quasar 3C273, wilayah terang di sekitar lubang hitam supermasif dengan suhu sekitar 10 triliun derajat Celcius.

Meskipun Matahari adalah objek terpanas di Tata Surya kita, suhunya tergolong rendah bila dibandingkan dengan tempat terpanas di alam semesta.

Menurut Daniel Palumbo, peneliti pascadoktoral dari Inisiatif Lubang Hitam di Universitas Harvard, jawaban yang tepat tentang tempat terpanas ini adalah lubang hitam supermasif, terutama yang sedang tumbuh dan memakan gas.

BACA JUGA:Satu Lagi Elite PDIP Mundur dari Partai, Gara-Gara Pilpres Kah?

Quasar 3C273 terletak dekat lubang hitam supermasif yang berjarak 2,4 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Observatorium Greenbank di Virginia Barat mencatat wilayah ini memiliki suhu inti sekitar 10 triliun derajat Celcius, tetapi masih ada ketidakpastian dalam estimasi suhu tersebut.

Lubang hitam supermasif, yang kuat dan berada di pusat sebagian besar galaksi, memiliki massa jutaan kali lebih besar dari Matahari.

Contohnya adalah Sagittarius A*, lubang hitam supermasif di pusat galaksi Bima Sakti.

BACA JUGA:Ribuan Situs Resmi Pemerintah Tersusupi Situs Judi Online: Peringatan dari BSSN 

Lubang hitam ini menjadi rumah bagi jet relativistik, yaitu aliran besar materi yang didorong hingga mendekati kecepatan cahaya, sehingga memiliki suhu yang sangat tinggi.

Quasar 3C273 memiliki tarikan gravitasi sangat kuat sehingga bahkan cahaya pun tidak bisa melepaskan diri dari cengkeraman gravitasinya.

Suhu tinggi di sekitar lubang hitam disebabkan oleh gravitasi saat menghisap molekul di sekitarnya dengan kecepatan tinggi.

Tabrakan antara materi dalam proses ini menghasilkan gesekan yang melepaskan suhu triliunan derajat Celcius.

BACA JUGA:Rusia Minta Joe Biden Tak Usah Komentari Kematian Prigozhin 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: