LRT Jabodebek Senin Depan Sudah Operasi, Begini Cara Naiknya

LRT Jabodebek Senin Depan Sudah Operasi, Begini Cara Naiknya

Walaupun dijalankan tanpa masinis, menggunakan LRT akan tetap aman. --

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Direncanakan LRT Jabodebek akan segera beroperasi pada pekan depan, Senin 28 Agustus 2023.

Diharapkan kehadiran LRT Jabodebek bisa menjadi salah satu solusi kemacetan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Nantinya setiap hari LRT Jabodebek akan ada sebanyak 434 perjalanan yang siap melayani penumpang yang mana kapasitas satu rangkaian LRT Jabodebek bisa memuat sampai 1.308 penumpang.

BACA JUGA:Daftar Tarif Stasiun LRT Jabodebek, Mulai dari Rp 5 Ribu Saja Nih!

Pada LRT Jabodebek ada sebanyak 31 trainset (rangkaian kereta) yang aka disiapkan, dengan rincian untuk keperluan operasional sebanyak 27 trainset (rangkaian kereta), sedangkan digunakan sebagai cadangan senanyak 4 trainset (rangkaian kereta).

Adapun setiap trainset (rangkaian kereta) LRT Jabodebek terdiri dari 6 kereta. LRT Jabodebek menyediakan layanan untuk masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan daerah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. 

Stasiun-stasiun tersebut terdiri dari Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, serta Jati Mulya.

"Nantinya ketika sudah beroperasi penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB sampai 23.30 WIB, dengan terdapat 2 jalur perjalanan yaitu Line Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas - Cawang - Stasiun Harjamukti/pp dan Line Bekasi yang melewati Stasiun Dukuh Atas - Cawang - Halim - Stasiun Jatimulya/pp, " tutur EVP of Corporate Secretary KAI - Raden Agus Dwinanto Budiadji, pada Jumat, 25 Agutus 2023.

BACA JUGA:LRT Jabodebek Resmi Beroperasi 28 Agustus 2023, Berikut Daftar Stasiun yang Dilewati LRT dan Segini Tarifnya!

Masyarakat bisa memakai LRT Jabodebek dengan mudah, dengan pembayaran memakai sistem cashless seperti memakai Kartu Uang Elektronik Perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, serta Bank DKI Jakarta), KMT KAI Commuter, Scan Qris Link Aja dan KAI PAY.

Kemudian Agus Dwinanto mengungkapkan, untuk masyarakat yang saldonya telah habis ataupun tidak membawa kartu uang elektronik, LRT Jabodebek memberikan 2 unit Ticket Vending Machine untuk top up kartu uang elektronik serta loket penjualan kartu uang elektronik di setiap stasiunnya.

Pelanggan dapat menuju gate untuk melaksanakan Tap In di stasiun keberangkatan, setelah mempunyai kartu uang elektronik atau dompet digital. 

Kemudian jika telah berhasil tap in, pelanggan bisa menuju peron yang sesuai dengan tujuan perjalanan. Ketika kereta tiba, dahulukan penumpang yang turun kemudian masuklah ke dalam kereta dengan tertib.

BACA JUGA:Jokowi Tekankan Tarif LRT Jabodetabek Akan Disubsidi Oleh Pemerintah

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: