Muhammadiyah Berikan Program Beasiswa dan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Kenya

Muhammadiyah Berikan Program Beasiswa dan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Kenya

Dok. PP Muhammadiyah--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Program beasiswa dan bantuan kemanusiaan diberikan PP Muhammadiyah untuk Kenya. Adapun bantuan kemanusiaan ini seperti pembangunan dua sumur bagi rakyat Republik Kenya.

Dukungan program beasiswa dan bantuan kemanusiaan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Program ini merupakan inisiatif yang baik dari organisasi masyarakat untuk membantu negara yang yang masih memerlukan bantuan. 

"Saya sangat mengapresiasi inisiatif dari lembaga-lembaga swasta seperti Muhammadiyah untuk menyediakan beasiswa kepada negara-negara yang masih perlu bantuan dan masih berkembang agar mereka dapat belajar di sini," tutur Muhadjir, Rabu, 23 Agustus 2023.

BACA JUGA:Idul Adha 2023 Berapa Hari Lagi? Simak Prediksi Pemerintah dan Muhammadiyah

Menurut Muhadjir, dalam melaksanakan kegiatan filantropi dan pemberian bantuan antar negara bukan cuma tanggung jawab pemerintah pusat, namun juga dapat dilakukan atas inisiatif organisasi masyarakat swasta seperti PP Muhammadiyah.

"Itu sangat bagus hingga tidak seluruhnya diurus pemerintah pusat namun oleh organisasi besar yang telah mempunyai kemampuan menyediakan beasiswa kepada mahasiswa asing sangat kita hargai dan sangat kita puji," tutur Muhadjir.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Mihammadiyah, Haedar Nashir melakukan penyerahan beasiswa dan bantuan kemanusiaan dilaksanakan secara simbolik kepada Duta Besar Kenya untuk Republik Indonesia Galma Mukhe Boru. 

Penyerahan disaksikan langsung oleh Muhadjir, Ketua PP Muhammadiyah Syafiq A Mughni, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti, perwakilan Majelis/Lembaga beserta Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah (PTMA) yang ada di Jabodetabek.

BACA JUGA:Ada Potensi Berbeda, Muhammadiyah Sarankan Libur Nasional Idul Adha 2023 Ditambah!

Koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari silaturahim Duta Besar Kenya ke PP Muhammadiyah. 

Terdapat sekitar 31 mahasiswa dari Kenya akan dikasih beasiswa dan disebar ke beberapa PTMA untuk menempuh studi sesuai  jurusan yang mereka pilih. 

Kemudian, rencananya program beasiswa pendidikan penuh beserta pembangunan sumur yang dilaksanakan oleh Muhammadiyah akan diperluas untuk negara-negara di benua Afrika seperti Somalia.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menjelaskan, upaya yang dilaksanakan Muhammadiyah dalam memberikan program beasiswa dan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Kenya adalah perwujudan dari semboyan “Muhammadiyah for All”.

BACA JUGA:Tanggal Berapa Puasa Arafah 2023? Simak Jadwal dari Pemerintah dan Muhammadiyah

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: