Bhayangkari Polri Siapkan Tour of Kemala 2023 di Banyuwangi: Lokasi Ini Jadi Pilihan yang Tepat!

Bhayangkari Polri Siapkan Tour of Kemala 2023 di Banyuwangi: Lokasi Ini Jadi Pilihan yang Tepat!

Koordinator Lapangan Tour of Kemala 2023, Erni Agung --

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ajang balap sepeda besar, Tour of Kemala, kembali diadakan tahun ini. Pada bulan Oktober mendatang, Banyuwangi, Jawa Timur, akan menjadi tuan rumah untuk Ajang balap sepeda yang dinantikan.

Erni Agung, Koordinator Lapangan Tour of Kemala Banyuwangi 2023, menjelaskan bahwa pilihan Banyuwangi sebagai lokasi tidak terjadi begitu saja.

Salah satu tujuan utamanya adalah mempromosikan potensi pariwisata Banyuwangi ke tingkat yang lebih luas.

BACA JUGA:Koalisi Partai Golkar, Gerindra, dan PKB Bentuk Strategi Demi Calon Wakil Presiden Menuju Pemilu 2024 !

"Ide ini muncul karena Banyuwangi memiliki karakteristik yang mirip dengan Belitung, lokasi Tour of Kemala tahun 2022. Meskipun memiliki potensi wisata yang menarik, belum terlalu terkenal secara luas, padahal lokasinya berdekatan dengan Bali," ujar Erni di Gedung Bhayangkari Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Senin (21/8/2023).

Selain itu, keputusan ini juga didasarkan pada kenyataan bahwa Banyuwangi lebih mudah dijangkau. Selain aksesibilitas yang baik, Banyuwangi juga terkenal sebagai tempat yang cocok untuk melatih atlet sepeda.

"Dari segi aksesibilitas, Banyuwangi lebih mudah dijangkau, dan juga memiliki fasilitas pelatihan sepeda yang memadai. Oleh karena itu, lokasi ini merupakan pilihan yang tepat," lanjutnya.

Erni juga menjelaskan bahwa Tour of Kemala Banyuwangi 2023 akan terdiri dari dua kategori. Pertama adalah kategori balap sejauh 128 km untuk peserta profesional, baik dari dalam maupun luar negeri. 

BACA JUGA:Gegara Polisi Arogan, Polres Tuban Digeruduk Massa; Kapolres Minta Maaf

Kedua adalah kategori tur sejauh 55 km yang dapat diikuti oleh peserta non-profesional, baik dari komunitas maupun kalangan hobi.

"Harapannya adalah kita bisa mencapai jumlah peserta sekitar seribu orang, baik dari dalam maupun luar negeri, yang terdiri dari atlet, komunitas sepeda, dan para penghobi," tambah Erni.

Sekjen Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI), Parama Nugroho, menjelaskan bahwa Tour of Kemala direncanakan akan menjadi acara tahunan yang bertujuan untuk membangkitkan semangat cinta terhadap olahraga sepeda serta mencari bakat atlet sepeda potensial melalui kategori balap.

BACA JUGA:Video Viral di Media Sosial, Oknum TNI Diduga Memukul Tukang Parkir di Bandung!

Selain itu, ajang ini juga dianggap sebagai ajang pengujian yang baik bagi para atlet.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: