Ratusan Warga Kabupaten Sarolangun Belum Terdaftar dalam DPT Pemilu 2024!

Ratusan Warga Kabupaten Sarolangun Belum Terdaftar dalam DPT Pemilu 2024!

Kota Sorolangun, Jambi-Wikipedia-Tangkapan layar

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID -  Ratusan penduduk di Kabupaten Sarolangun masih belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 yang akan datang.

Mereka diharapkan akan dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebagai alternatif.

Dekatnya pemilihan 2024 dan setelah penetapan DPT oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sarolangun, masih ada lebih dari 600 individu dari Kabupaten Sarolangun yang belum terdaftar atau tidak tercantum dalam DPT.

Data yang belum terdaftar ini terdiri dari 446 orang yang data perekamannya diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melalui pengumpulan data lapangan.

Sementara itu, 236 orang lainnya diidentifikasi melalui tanggapan warga kepada anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tingkat Desa atau Kecamatan.

Edi Zamra, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sarolangun, menjelaskan bahwa lebih dari 600 orang yang belum terdaftar dalam DPT tersebut akan dimasukkan ke dalam DPK atau Daftar Pemilih Khusus.

Mereka akan memilih dengan membawa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) sebagai pengganti.

Edi Zamra menjelaskan, "Bagi mereka yang belum terdaftar dalam DPT, mereka akan tetap memiliki hak suara mereka melalui DPK atau Daftar Pemilih Khusus, yang menggunakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) sebagai identifikasi."

BACA JUGA:Siapa Sangka? Cara Membuat Sticker WhatsApp Sendiri Ternyata Gampang Banget!

Dia juga menambahkan bahwa data warga yang belum terdaftar dalam DPT disebabkan oleh ketidakhadiran mereka saat petugas melakukan pencocokan dan penelitian data. Karena mereka tidak berada di rumah saat itu, petugas tidak dapat memasukkan informasi mereka ke dalam DPT.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: