Waduh, Kabut dan Pencemaran Udara: Jakarta Tercatat sebagai Kota Paling Berpolusi di Dunia!

Waduh, Kabut dan Pencemaran Udara: Jakarta Tercatat sebagai Kota Paling Berpolusi di Dunia!

Kabut dan pencemaran udara menyelimuti Jakarta yang kini menjadi kota paling berpolusi di dunia menurut IQAir. -(Foto: MI/Susanto)-Ilustrasi

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pada hari Selasa (25/7/2023) pukul 14.00 WIB, langit di JAKARTA terlihat berkabut.

Pantauan dari lambeturah di Senayan menunjukkan pemandangan gedung-gedung tinggi di Kota Jakarta yang terhalang oleh kabut.

Menurut situs IQAir, Jakarta saat ini menduduki posisi pertama sebagai kota paling berpolusi di dunia dengan indeks AQI (Air Quality Index) mencapai 175 atau dalam kategori tidak sehat.

Di posisi kedua terdapat Johannesburg di Afrika Selatan, dan posisi ketiga diduduki oleh Kampala di Uganda.

BACA JUGA:Tampilan Lebih Mewah, Ini Bocoran Harga iPhone 15 Terbaru Juli 2023

 

Situs IQAir juga mencatat bahwa konsentrasi partikel PM 2,5 di Jakarta mencapai 20,3 kali lipat dari nilai panduan kualitas udara tahunan yang ditetapkan oleh WHO (World Health Organization).

 

Proses pengukuran kualitas udara dilakukan oleh situs IQAir dari enam sumber data, yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), IQAir, PurpleAir, AirNow, dan US Department of State.

BACA JUGA:Twitter Ganti Logo, Ini Alasan Elon Musk

 

Berdasarkan data indeks standar pencemaran udara dari aplikasi JAKI, terlihat bahwa terdapat perbedaan kualitas udara di setiap wilayah Jakarta pada pukul 13.00 WIB:

 

1. Jakarta Pusat: 93 (sedang)

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: