BREAKING NEWS! NTT di Guncang Gempa Magnitudo 6,0 SR, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

BREAKING NEWS! NTT di Guncang Gempa Magnitudo 6,0 SR, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

NTT di Guncang Gempa Magnitudo 6,0 SR-ilustrasi -pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 terjadi di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT),Selasa 25 Juli 2023 

Menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 07.25 WIB. 

Lokasi gempa berada di titik 9,26 Lintang Selatan dan 123, 95 Bujur Timur. Gempa di Kabupaten Kupang, NTT, tepatnya di Laut Sewu. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

BACA JUGA:Tampilan Lebih Mewah, Ini Bocoran Harga iPhone 15 Terbaru Juli 2023

Melalui laman resminya, BMKG menyebut wilayah yang dirasakan dalam skala MMI di antaranya: II-III Alor, II-III Maumere, III Lembata, II-III Larantuka, II-III Waingapu , II Kupang, II Ende, II-III Kefa, II-III Soe, II Atambua.

Jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas tumbukan lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia.

Dampak dari gempa tersebut dirasakan masyarakat di daerah Lembata dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. 

Alor, Maumere, Larantuka, Waingapu Soe dengan skala intensitas II-III MMI dan daerah Kupang dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

BACA JUGA:Kampung 'Siluman' di Sumedang: Ceweknya Cantik-cantik dan Jago Bahasa Arab!

BMKG pun mengimbau agar masyarakat waspada terhadap gempa susulan, meski gempa tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kupang mengimbau masyarakat untuk tidak termakan hoaks atau berita bohong yang berkaitan dengan dampak dari gempa bumi yang dirasakan di Nusa Tenggara Timur.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Kepala Stasiun Geofisika Kupang Margiono dari Kupang, Selasa, 25 Juli 2023.

BMKG meminta masyarakat tetap tenang dalam menghadapi situasi seperti ini

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: