Polri Beli Pesawat Bekas Seharga Ratusan Miliar

Polri Beli Pesawat Bekas Seharga Ratusan Miliar

Pesawat -ilustrasi-MediaHUB Polri

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah membeli pesawat Boeing 737-800 NG sebagai bagian dari persiapan menghadapi tahun politik 2024.
 
Pesawat tersebut akan digunakan untuk operasional anggota Polri dalam menghadapi kerawanan gangguan keamanan, bencana alam, terorisme, dan hal lain yang berdampak negatif terhadap ideologi, politik, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan di wilayah Indonesia.
 
Brigjen Ahmad Ramadhan, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, menjelaskan bahwa pesawat tersebut akan digunakan untuk transportasi supervisi, komando dan kendali, angkut pasukan, serta distribusi bantuan kemanusiaan.
 
Selain itu, pesawat ini juga akan digunakan untuk angkutan logistik dan barang berbahaya seperti senjata dan amunisi dalam jumlah besar secara cepat dan tepat.
 
Pengadaan pesawat Boeing 737-800 NG ini merupakan bagian dari pengadaan barang mendesak yang dianggarkan oleh Polri untuk tahun 2022.
 
 
Pesawat tersebut dibeli dari perusahaan di Dublin, Irlandia, dengan posisi fisik pesawat berada di Ostrava, Republik Ceko.
 
"Ini adalah pesawat dengan kondisi tidak baru atau bekas," ungkap Ramadhan.
 
Anggaran yang disiapkan mencapai Rp 1 triliun, dengan sekitar Rp 664.385.300.000 digunakan untuk harga fisik pesawat, dan sisanya untuk modifikasi kabin atau kargo, pemeliharaan selama satu tahun, asuransi penerbangan, pelatihan kru pesawat, dan persiapan pendampingan operasional.
 
Proses pengadaan melibatkan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI), manajemen konsultan, dan kantor jasa penilai publik.
 
Divisi Hukum (Divkum) dan Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri juga terlibat dalam penyusunan kontrak dan pendampingan proses pengadaan pesawat.
 
 
Dengan pengadaan pesawat ini, Polri berharap dapat meningkatkan kemampuan operasional mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta memberikan respons yang cepat dalam menghadapi situasi darurat.
 
Pesawat Boeing 737-800 NG akan memberikan fleksibilitas dalam transportasi anggota Polri dan pengiriman bantuan kemanusiaan.
 
Dalam menghadapi tahun politik yang akan datang, pesawat ini diharapkan dapat mendukung Polri dalam menjalankan tugasnya secara efektif dan efisien.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: