Ada 3 Sunnah Bagi Para Jamaah Haji yang Baru Pulang dari Tanah Suci, Coba Lakukan Ini

Ada 3 Sunnah Bagi Para Jamaah Haji yang Baru Pulang dari Tanah Suci, Coba Lakukan Ini

jemaah haji tahun 2023-@kemenag_ri-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Jemaah haji tahun 2023 sudah mulai dipulangkan dari kloter 1 dimulai pada tanggal 4 Juli 2023.

Agar haji diterima, para jemaah diharapkan menjalankan ibadah haji sesuai dengan aturannya dan mewujudkan substansinya dalam laku keseharian. Orang yang dapat melakukan ini disebut haji mabrur.

Ada 3 sunnah yang bisa dijalani bagi seseorang yang baru saja pulng dari tanah suci antara lain yaitu;

BACA JUGA:Bisa Buat Belajar! Inilah 7 Daftar Game Aplikasi Android yang Cocok untuk Anak-Anak

1. Membawa oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga yang ditinggalkannya.

Anjuran ini juga tidak hanya berlaku bagi jamaah haji, tapi siapa pun yang usai melakukan perjalanan disunahkan membawa buah tangan untuk anak, istri, dan saudaranya. 

2. Melaksanakan shalat dua rakaat di masjid atau mushala terdekat pada saat sampai di kampung halaman 

3. Mengadakan naqi’ah

BACA JUGA:Bisa Sampai Jutaan! Inilah Trik Dapetin Chip Higgs Domino Island

Naqi'ah yaitu perhelatan yang ditujukan untuk menyambut kedatangan orang yang baru tiba dari perjalanan jauh. Termasuk perjalanan menunaikan ibadah haji ini. Kegiatan ini dapat dilakukan keluarga jamaah haji yang sudah pulang atau masyarakat di lingkungannya. Biaya pengadaan selamatan ini bisa saja dari pihak keluarga, masyarakat, atau orang yang baru pulang haji.

Tiga kesunnahan yang disebutkan Hengki Ferdiansyah di atas didasarkan pada sebuah keterangan dalam kitab Hasyiyatul Qalyubi wa Umairah: 

يندب أن يحج الرجل بأهله وأن يحمل هدية معه وأن يأتي إذا عاد من سفر ولو قصيرة بهدية لأهله، وأن يرسل لهم من يخبرهم بقدومه إن لم يعلموا به وأن لا يطرقهم ليلا، وأن يقصد أقرب مسجد فيصلي فيه ركعتين سنة القدوم، وأن يصنع أهله له وليمة تسمى النقيعة، وأن يتلقوه كغيرهم، وأن يقال له إن كان حاجا أو معتمرا: تقبل الله حجك أو عمرتك وغفر ذنبك وأخلف عليك نفقتك.

Artinya, "Seseorang haji bersama keluarganya dianjurkan dan membawa hadiah saat pulangnya. Apabila pulang dari perjalanan, meskipun perjalanan yang tidak terlalu jauh, ia dianjurkan membawa hadiah untuk keluarganya, dan mengutus orang untuk memberi kabar kepada keluarganya bila mereka belum mengetahui kedatangannya. Sebaiknya, jangan mendatangi mereka (sampai di rumah) pada waktu tengah malam. Dianjurkan pula mengerjakan shalat sunnah qudum dua rakaat di masjid terdekat. Bagi keluarganya, hendaklah mengadakan walimah, ini dinamakan naqi’ah, untuk menyambutnya. Apabila dia pulang haji, setiap orang dianjurkan menemuinya dan mengatakan, "Semoga Allah menerima haji dan umrahmu, dosamu diampuni, dan Allah SWT mengganti biaya perjalananmu."

BACA JUGA:Dapetin Diamond FF Gratis: Tips dan Trik yang Wajib Kalian Coba

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: