Gegara Box Braid atau Kepangan Rambut, Lisa Blackpink Jadi Sorotan Blink, Dianggap Cultural Appropriation?

Gegara Box Braid atau Kepangan Rambut, Lisa Blackpink Jadi Sorotan Blink, Dianggap Cultural Appropriation?

Gegara Pakai Box Braid, Lisa Blackpink Jadi Sorotan Blink, Karena Cultural Apropriation?--Ilustrasi: Tangkapan Layar IG @lalalalisa_m

"Lisa Blackpink kembali jadi sorotan para penggemarnya atau BLINK, kali ini bukan soal lagu atau musiknya, tapi justu soal rambut. Waduh...

POSTING NEWS: Baru-baru ini, Lisa BLACKPINK, kembali menjadi sorotan para fansnya atau Blinks gegara rambut. Lho, kok?

Iya, Lisa yang baru saja merilis solo perdananya berjudul Lalisa, justru malah dituding cultural apropiation atau apropriasi budaya.

Hal ini mencuat ketika Lisa memberi kejutan buat Blink berupa video musik lagu b-side dari single albumnya yang diluncurkan dalam rangka proyek solonya berjudul Money.

Hebatnya, video musik yang diunggah via akun resmi BLACKPINK itu, sudah mencapai lebih dari 56 juta penonton pada 23 September 2021.

BACA JUGA:Terkuak! Kode Redeem FF 2 Oktober 2021 Update Sore ini, Ada yang Spesial Ultah Free Fire ke-4 Juga Lo, Bro! Sikat Dah..

Cuma ya itu, sayangnya ternyata para penggemar justru menemukan hal yang dianggap kontroversial di dalam video penampilan Lisa kali ini.

Dalam videonya, anggota BLACKPINK ini tampak menggunakan box braid atau sebuah kepangan.

Box braid merupakan gaya rambut yang biasanya dikenakan oleh orang kulit hitam.

Gaya rambut rapper kelahiran 1997 ini dianggap sebagai cultural appropriation atau apropriasi budaya.

BACA JUGA:Tukar Kode Higgs Domino 2 Oktober 2021, Hadiah Puluhan Juta Hingga 1 Miliar Menanti Anda

Banyak penggemar yang kecewa dengan hal ini, terutama mereka yang berasal dari ras kulit hitam.

+++++

Akibatnya, untuk memberi edukasi kepada Lisa mengenai apropriasi budaya ini, seorang fans yang mendapatkan kesempatan untuk melakukan video call dengan perempuan berusia 24 tahun ini pun mengajaknya berdiskusi dalam acara fansign tersebut.

Dalam online fansign yang diunggah oleh salah satu penggemarnya ke media sosial, fans tersebut memperlihatkan Lisa sebuah surat yang dituliskan secara sopan mengenai cultural appropriation.

Fans tersebut memiliki niat baik untuk mengedukasi Lisa dan tidak melakukan tindakan serupa lagi ke depannya.

BACA JUGA:Bravo! Bareskrim Amankan 4 Tersangka Pelaku Penipuan 2 Perusahaan Asing Bermodus BEC, Kerugian Rp 84,8 Miliar?

Lisa dengan senang hati membicarakan topik tersebut. Bahkan ia meminta staf yang saat itu sedang bersamanya untuk memperpanjang video call keduanya menjadi 6 menit dari yang awalnya hanya 90 detik.

Setelah mendengar penjelasan dari fansnya, Lisa pun dengan tulus meminta maaf dan mengatakan bahwa ia tidak memiliki niatan untuk mengecewakan para BLINKS.

Dalam video tersebut Lisa juga tampak hampir menitikkan air mata karena secara tidak sadar telah melukai perasaan penggemarnya dan tidak mengetahui bahwa apa yang ia lakukan membuat banyak orang tersinggung.

Perempuan dengan nama lengkap Lalisa Manoban ini pun mengatakan untuk ke depannya ia akan lebih berhati-hati.

BACA JUGA:Valid Banget! Kode Redeem ML Mobile Legends 2 Oktober 2021, Update Sore ini dan Bisa Diklaim Sekarang!

Pada akhir panggilan video tersebut Lisa mengucapkan terima kasih kepada penggemarnya itu atas informasi mengenai cultural appropriation.

Para penggemar yang menyaksikan video tersebut kemudian berterima kasih kepada fans yang berhasil memberitahu keresahan mereka secara langsung kepada Lisa. Mereka juga lega dengan permintaan maaf Lisa. (Nelsya)

Sumber: berbagai sumber

(edited)