Pasang Badan Buat Panji Gumilang, Tokoh Militer Ini Beri Kesaksian: 'Tidak Ada Penyimpangan di Al Zaytun'

Pasang Badan Buat Panji Gumilang, Tokoh Militer Ini Beri Kesaksian: 'Tidak Ada Penyimpangan di Al Zaytun'

Kivlan Zen.-Foto: Instagram-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Eks Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad), Kivlan Zen, mengaku pernah direkrut oleh Panji Gumilang.

Dia mengungkapkan, pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun itu mengajaknya bergabung sebaga tenaga pengajar di sana pada 2013. Tokoh militer ini mengajar selama beberapa tahun di Pondok Pesantren terbesar di Asia Tenggara itu.

Adapun Kivlan mengakui hal ini sebagai respons terhadap berbagai tudingan negatif yang dialamatkan kepada Panji Gumilang dan Pondok Pesantren Al-Zaytun.

Pondok Pesantren yang terletak di Indramayu, Jawa Barat, itu disebut-sebut sebagai pusat penyebaran ajaran sesat.

BACA JUGA:Ada-ada Saja Kelakuan Jemaah Haji Emak-emak, Cuci Baju Malah Pakai Air ZamZam

Selain itu, Al Zaytun juga disebut memiliki keterkaitan dengan kelompok radikal Negara Islam Indonesia (NII), bahkan ponpes ini dikatakan telah mendirikan negara sendiri di kompleks sekolah.

"Saya pernah menjadi tenaga pendidik di sana pada tahun 2013 lalu," ucap Kivlan seperti dilihat dari akun tiktok  @whiz_id9990, Minggu, 25 Juni 2023.

Kivlan Zen dengan tegas membantah tuduhan penyimpangan syariat Islam yang dilakukan oleh Panji Gumilang di Pondok Pesantren Al-Zaytun.

Disebutkan sebelumnya, Panji mengubah tata cara shalat dengan mencampurkan jemaah pria dan wanita dalam satu barisan yang sama. Bahkan, shalat yang dilakukan menghadap ke Timur, bukan menghadap ke arah kiblat.

"Jadi, Ponpes Al-Zaytun Indramayu ini tidak ada penyimpangan, bahkan jiwa kebangsaannya sangat kuat," tegas dia.

BACA JUGA:Enak Banget Nih Seminggu Dapat Rp 400 Ribu, Cukup Main Game Online 'Goodies Crush'!

Kivlan menyatakan bahwa ia akan menjadi orang pertama yang membela Panji Gumilang jika ditangkap atas tuduhan ajaran sesat dan penyimpangan syariat Islam.

Menurut Kivlan, Panji Gumilang bukanlah sosok seperti yang dibayangkan oleh masyarakat saat ini. Panji adalah pemimpin yang sangat nasionalis, bahkan siap mati untuk Indonesia.

Oleh karena itu, Kivlan berjanji akan berdiri di barisan terdepan dalam membela Panji Gumilang jika ditangkap dan menghadapi proses hukum terkait kontroversi yang sedang terjadi saat ini.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: