Pulangkan Kroasia, Spanyol Angkat Trofi UEFA Nations League

Pulangkan Kroasia, Spanyol Angkat Trofi UEFA Nations League

Timnas Spanyol Merayakan Juara UEFA Nations League--Fotmob

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Spanyol menunjukkan kelas mereka dengan mengalahkan Kroasia melalui adu penalti dengan skor 5-4 setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit di Rotterdam dan menjadi kampiun UEFA Nations League, Senin (19/06).

Dani Carvajal, bek Real Madrid, berhasil mencetak penalti kemenangan setelah kiper Spanyol, Unai Simon, berhasil menyelamatkan tendangan dari Lovro Majer dan Bruno Petkovic dari Kroasia.

Kemenangan ini menjadikan Spanyol sebagai negara kedua setelah Prancis yang berhasil memenangkan Piala Dunia, Kejuaraan Eropa, dan Nations League, serta meraih trofi besar kelima.

Rodri dan Aymeric Laporte dari Manchester City, yang mencetak dan gagal penalti untuk Spanyol dalam adu penalti, telah memenangkan trofi besar keempat musim ini.

Kroasia, yang sebelumnya mengalahkan Belanda 4-2 setelah perpanjangan waktu di babak semifinal, berharap untuk meraih gelar turnamen besar pertama mereka.

Spanyol tidak mampu menciptakan satu tembakan pun yang mengarah ke gawang dalam babak pertama yang kurang baik. Tackling terakhir dari Laporte menggagalkan peluang Andrej Kramaric, sedangkan sundulan Ivan Perisic dipatahkan oleh Simon.

Spanyol mendekati gol pada menit ke-58 ketika Marco Asensio hampir mencetak gol terbaik mereka dengan sundulan dari umpan silang Jordi Alba.

Kroasia memberikan respon melalui sundulan Mario Pasalic setelah umpan dari Perisic, sebelum Spanyol meningkatkan serangan dengan usaha chip dari Fabian Ruiz dan tembakan Asensio yang hampir mencapai sasaran.

Spanyol hampir membuka keunggulan pada menit ke-86 ketika tembakan Ansu Fati diblok oleh Perisic di garis gawang setelah umpan balik dari Mikel Merino, yang juga merupakan pemain pengganti.

Pemain pengganti Kroasia, Majer, juga dihentikan oleh pertahanan yang gigih ketika tembakannya setelah serangan balik diblok oleh Nacho di babak tambahan pertama.

Spanyol mengambil risiko di babak tambahan kedua dan menguasai pertandingan. Dani Olmo dan Asensio memiliki tembakan yang membentur pemain lawan sehingga menjadi tendangan sudut, dan upaya Rodri juga diblok. Pertandingan final Nations League ini berakhir dengan adu penalti, di mana Carvajal berhasil mencetak penalti dengan tenang.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: