Ini Rahasia Kecantikan Perempuan Alami Suku Baduy, Kinclong Tanpa Noda!

Ini Rahasia Kecantikan Perempuan Alami Suku Baduy, Kinclong Tanpa Noda!

Rumah adat Baduy di pedalaman Banten.--Dinas Pariwisata Provinsi Banten

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Suasana teduh langsung menyambut pengunjung saat memasuki kawasan pemukiman adat Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Keadaan asri di sana seakan menyiratkan kondisi alam yang masih terjaga dengan baik, dengan segenap aktivitas warga yang hidup berdampingan dengan alam. 

Tak ayal, untuk kebutuhan sehari-hari, mereka turut memanfaatkan apa yang sudah tersedia di hutan sekitar termasuk urusan kecantikan.

BACA JUGA:Teman Susah Ditagih Utang? Bisa Coba Cara Ampuh dari Abu Nawas, Dijamin Berhasil!

Untuk perempuan Suku Baduy Dalam sendiri, mereka memanfaatkan 19 famili dari 25 jenis tumbuhan. 

Sedangkan Suku Baduy Luar kerap memanfaatkan 10 famili dari 13 jenis tumbuhan sebagai bahan kosmetik tradisional.

Suku Baduy memanfaatkan tumbuhan sebagai kosmetik yang digunukan sehari-hari.

Adapun sejumlah tanaman yang kerap digunakan sebagai bahan kosmetik alami bagi warga Baduy Dalam adalah tumbuhan sirih, kecombrang, kicaang (kitolod), aren, pegagan, padi, pacar kuku, kersen, belimbing wuluh, dan pandaan.

BACA JUGA:Ternyata Uban Rambut Bisa Kembali Jadi Hitam Alami, Tanpa Disemir!

Kemudian untuk perempuan Baduy Luar sejumlah tanaman yang digunakan adalah kecombrang, padi, pacar kuku, kersen, dan belimbing wuluh.

Terkait sumber pengambilan, masyarakat baik Baduy Dalam dan Baduy Luar sama-sama memperolehnya dari dalam hutan, termasuk ladang dan lahan  budidaya yang akan ditanami secara tunggal maupun tumpang sari.

Dalam pemanfaatannya, terdapat enam perawatan kecantikan yang biasa dilakukan oleh para perempuan Baduy di Kanekes seperti rongga mulut, perawatan bibir, perawatan wajah, perawatan tubuh, mencerahkan tubuh dan pembersihan organ kewanitaan.

BACA JUGA:Jangan ke Tempat Terlarang di Indonesia, Ada yang Bisa Membuat Umur Pendek Jika Nekat Berkunjung!

Untuk membersihkan rongga mulut biasanya akan digunakan tumbuhan yang kasar, seperti serabut kelapa atau daun untuk membersihkan dan menguatkan gigi. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: