Kemenag Luncurkan 'Jemaah Lapor GusMen' untuk Atasi Keluhan Para Jemaah Ibadah Haji, Begini Caranya!

Kemenag Luncurkan 'Jemaah Lapor GusMen' untuk Atasi Keluhan Para Jemaah Ibadah Haji, Begini Caranya!

Foto: Ilustrasi by Pexels-Zawawi Rahim-pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kementerian Agama meluncurkan aplikasi bagi para jemaah haji yang diberi nama 'Jemaah Lapor Gusmen'.

Kanal tersebut berguna untuk menyampaikan permasalahan selama menjalani ibadah haji di Tanah Suci bagi masyarakat Indonesia.

Adapun seluruh laporan yang disampaikan oleh jemaah haji akan diterima langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Laporan yang masuk di sini akan dimonitor langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas,” kata Tenaga Ahli Menteri Agama Mahmud Syaltout, dikutip dari Kemenag pada Senin, 12 Juni 2023.

BACA JUGA:Nah Loh! Camat Kemuning Palembang Jadi Pusat Perhatian Netizen Gegara Flexing

Lebih lanjut, seluruh masalah dari laporan jemaah haji akan dicarikan solusi yang terbaik. 

“Jemaah bisa lapor kalau ada masalah, bentuknya online. Nanti laporan itu bisa dibaca langsung di dashboard. Jadi ketahuan titik masalahnya di mana, untuk selanjutnya dicarikan solusi,” tutur Syaltout.

Nantinya, pengaduan oleh jemaah haji tersebut akan dihubungi melalui Whatsapp.

“Jadi jemaah tidak perlu khawatir laporannya tidak direspon. Nanti kalau sudah tertangani, kita WhatsApp karena di kanal pengaduan itu tercantum nomor telepon pelapor," imbuhnya 

BACA JUGA:5 Tips Memilih Buah Mangga yang Manis dan Matang Sempurna, Cukup Dilihat dari Kulitnya!

Apabila laporan tidak tertangani, Syaltout menyebut pihaknya akan memanggil pihak-pihak terkait dengan masalah tersebut.

"Kalau belum tertangani kita panggil, seperti tahun lalu. Awalnya jemaah yang melaporkan ketakutan tapi akhirnya bisa diselesaikan,” ujar Syaltout.

Apabila Anda mengalami keluhan selama menjalani ibadah haji, cukup lakukan pengaduan melalui aplikasi Pusaka yang dapat diunduh di Playstore dan App Store. Selain itu, pengaduan juga dapat diakses melalui https://laporhajigusmen.kemenag.go.id/.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: