Bisakah Kita Meningkatkan Keterampilan Emosional?

Bisakah Kita Meningkatkan Keterampilan Emosional?

Ilustrasi Keterampilan Emosional-storyset-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sejak tahun 1990-an, konsep emotional intelligence atau keterampilan emosional  telah menarik minat banyak orang dan menjadi bagian dari bahasa sehari-hari kita. Dan ternyata keterampilan emosional bisa kita tingkatkan.

Psikolog, Ronald E. Riglo menjelaskan untuk meningkatkan keterampilan emosional ada beberapa aspek yang bisa kita olah di dalam diri kita.

Kira-kira, bagaimana cara kita meningkatkannya?

Tingkatkan Kesadaran

Pelajari sebanyak mungkin tentang proses komunikasi emosional dasar. Jadilah lebih peka terhadap isyarat emosional nonverbal orang lain. Perhatikan dengan seksama isyarat nonverbal yang halus dalam ekspresi wajah dan gerakan tubuh orang lain. Berusahalah menjadi lebih sadar akan cara kita menunjukkan perasaan dan emosi melalui ekspresi wajah, nada suara, dan isyarat bahasa tubuh kita sendiri.

Memotivasi Diri

Seperti halnya belajar hal lain, menjadi lebih terampil secara emosional membutuhkan waktu, usaha, dan dedikasi. Mungkin diperlukan banyak jam latihan sebelum kita melihat perbaikan dalam kemampuan kita untuk berkomunikasi secara emosional.

Dapatkan Feedback

Untuk meningkatkan dan tetap termotivasi, penting untuk melihat perkembangan yang kita capai. Bekerja dengan teman atau pasangan yang dapat dipercaya untuk mendapatkan umpan balik tentang peningkatan keterampilan emosional kita.

Terus Berlatih

Seperti yang telah disebutkan, seperti keterampilan apa pun, menjadi komunikator emosional yang lebih baik membutuhkan waktu dan latihan yang banyak.

Dengan kesadaran, motivasi, feedbackn, dan latihan yang konsisten, kita dapat meningkatkan keterampilan emosional kita dan menjadi lebih baik dalam berkomunikasi secara emosional.

 

 

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: psychologtoday.com

Berita Terkait