Lakukan 5 Teknik ini agar Buat Kamu Hidup Tenang

Lakukan 5 Teknik ini agar Buat Kamu Hidup Tenang

Ilustrasi Seseorang Melakukan Meditas--Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Self-soothing didefinisikan sebagai cara atau kemampuan seseorang untuk menenangkan diri sendiri saat berada dalam keadaan emosional yang sulit. Ini adalah aspek penting karena membantu kita tetap teratur dan tenang.

Kita belajar banyak pola self-soothing saat masih bayi. Diyakini bahwa ketika kita ditenangkan oleh pengasuh, kita meminternalisasikan ketenangan ini dan belajar bagaimana melakukannya sendiri. Jadi, ada berbagai cara di mana kita mungkin tidak mengembangkan keterampilan ini dan akhirnya kesulitan dalam self-soothing sebagai orang dewasa. Meningkatkan keterampilan self-soothing kita sebagai orang dewasa membutuhkan wawasan diri, pengembangan keterampilan self-soothing, dan kemampuan untuk secara efektif menggunakan keterampilan ini untuk kembali ke titik awal emosional.

Berikut adalah beberapa teknik self-soothing khusus yang mungkin membantu dilansir dari psychologytoday.com, Selasa, (05/06).

Mendengar Musik yang Tenang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa musik yang menenangkan mengurangi kortisol, hormon stres yang penting . Jika kita merasa gelisah atau sulit tenang, musik menenangkan mungkin dapat membantu mengubah suasana hati, memungkinkan kita bernapas lebih dalam, memfokuskan pikiran kita, dan menyingkirkan emosi negatif.

Tarik Nafas dalam-dalam

Bagian penting dari self-soothing sering melibatkan menonaktifkan sistem saraf simpatis. Kita dapat melakukannya dengan mengaktifkan sistem saraf parasimpatik. Sistem saraf parasimpatik membantu menghentikan respons berkelahi atau melarikan diri dan mengembalikan kita ke keadaan tenang.

Kita dapat dengan mudah mengaktifkan sistem saraf parasimpatik dengan mengambil beberapa napas panjang dan dalam. Salah satu strategi pernapasan yang mudah diingat adalah pernapasan kotak. Pernapasan kotak melibatkan menghirup selama empat hitungan, menahan napas selama empat hitungan, menghembuskan napas selama empat hitungan, dan kemudian menahan napas selama empat hitungan. Ulangi metode pernapasan kotak ini beberapa kali sampai kita mulai merasa lebih tenang.

Coba "Butterfly Hug"

EMDR adalah teknik terapeutik yang digunakan untuk membantu orang memproses trauma. Salah satu teknik EMDR adalah Butterfly Hug. Butterfly Hug tidak dianggap sebagai teknik self-soothing itu sendiri, tetapi sebagai teknik untuk memproses emosi dan materi yang menyakitkan yang sering kali diakibatkan oleh trauma. Penenangan adalah apa yang diyakini terjadi setelah memproses materi ini. Jadi, teknik ini tidak digunakan saat mengalami emosi negatif, tetapi digunakan untuk membantu kita mengatasi beban negatif.

Lakukan Aktivitas Menyenangkan

Dalam Terapi Perilaku Dialektikal (DBT), disarankan untuk melibatkan diri dalam aktivitas yang menyenangkan sebagai cara untuk self-soothe (Linehan, 1993). Melakukan aktivitas yang kita nikmati secara teratur dapat membantu kita merasa lebih puas, dan melakukannya saat kita stres dapat membuat kita merasa lebih baik. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: psychology today

Berita Terkait