Kenalin nih Ikan Buntal, Ikan yang Paling Beracun di Dunia

Kenalin nih Ikan Buntal, Ikan yang Paling Beracun di Dunia

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ikan paling beracun di dunia adalah ikan buntal (pufferfish) yang juga dikenal dengan sebutan ikan fugu di Jepang.

Ikan ini mengandung racun neurotoksin yang sangat berbahaya, yaitu tetrodotoxin.

Tetrodotoxin adalah racun yang terdapat di hati, ovarium, kulit, dan duri ikan buntal. Bahkan, racun ini juga ditemukan pada organ-organ dalam tubuh ikan ini.

BACA JUGA:Cara membuat Buku dari Bahan Serat Kayu, Yuk Simak!

Apabila ikan buntal tidak diolah dengan benar, mengonsumsinya bisa berakibat fatal bagi manusia.

Racun tetrodotoxin dapat menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernapas, dan pada kasus yang parah, bisa menyebabkan kematian akibat gagal napas.

Namun, penting untuk diketahui bahwa di Jepang, khususnya di restoran-restoran yang menyajikan hidangan fugu, ada koki yang memiliki sertifikasi khusus dan pengetahuan yang tepat tentang bagaimana mempersiapkan ikan buntal secara aman untuk dikonsumsi.

Mereka tahu cara menghilangkan racunnya dengan hati-hati sehingga hidangan fugu dapat dinikmati tanpa membahayakan kesehatan.

BACA JUGA:Nama-Nama Penggawa Timnas yang Tidak Dibawa Shin Tae-yong tuk Lawan Argentina, Ada Egy Maulana

Penting untuk selalu memperhatikan keamanan dan memperoleh ikan dari sumber yang terpercaya jika Anda ingin mencoba hidangan eksotik seperti ikan buntal.

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan keahlian yang tepat dalam mempersiapkan ikan ini, sangat disarankan untuk menghindari mengonsumsinya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait